1. BRILIO.NET
  2. »
  3. News
Andi Rosita Dewi 28 September 2015 18:08

Tokoh-tokoh ini meninggal ketika mendaki gunung

Mendaki gunung menjadi kesukaan banyak orang. Bahkan ada pula yang menemui ajalnya ketika mendaki gunung.

Brilio.net - Kamu suka mendaki gunung atau sering melakukan kegiatan pendakian? Ya, mendaki saat ini telah menjadi salah satu kegiatan yang sangat populer dan digandrungi oleh anak muda khususnya anak muda Indonesia.

Mendaki gunung memang menjadi kegiatan yang menyenangkan sebab memberikan pengalaman baru untuk melihat keindahan alam dari sudut pandang yang berbeda.

Bahkan kegiatan menjadi gunung sering menjadi tema film seperti 5 cm. Film teranyar tentang gunung yang saat ini sedang tayang di bioskop adalah everest. Film tersebut menghadirkan sisi lain dari pendakian yang tidak sekadar bisa menikmati keindahan alam tapi bisa berujung maut.

Jalan cerita  film Everest itu diadopsi dari kisah nyata pendakian gunung. Ternyata tidak hanya di Gunung Everest saja, beberapa gunung di dunia juga banyak yang menyimpan kisah tragis kematian tokoh-tokoh dunia.

Berikut tokoh dunia yang mengalami kisah tragis saat sedang melakukan pendakian.

1. Daniel Fredinburg


Salah satu orang penting di google tersebut harus mengakhiri hidupnya saat melakukan pendakian yang memang sudah menjadi hobinya sejak lama. Pria kelahiran 8 September 1981 itu meninggal pada tanggal 25 April 2015 di lembah gunung Everest karena cedera kepala akibat longsoran salju yang dipicu oleh gempa bumi di Nepal.

Kematian petinggi google ini memberikan duka tersendiri di perusahaan browsing terbesar di dunia yang akhirnya kehilangan sosok terbaiknya yang berhasil mengembangkan mobil tanpa supir dan berbagai terobosan yang ada di YouTube dan google maps.

2. Soe Hok Gie


Soe Hok Gie atau yang akrab disapa Gie meninggal saat sedang melakukan pendakian di Gunung Semeru pada tanggal 16 Desember 1969. Sosok aktivis yang sangat kritis terhadap kediktatoran orde lama dan orde baru tersebut meregang sebelum mencapai puncak gunung Semeru.

Biografi Gie banyak ditulis oleh penulis dunia sebagai sosok anak muda Indonesia yang memiliki intelektual tinggi, bahkan kisah Gie sempat difilmkan.

3. Dave Legeno


Siapa yang tidak kenal dengan Dave Legeno, aktor Hollywood yang memiliki karir cemerlang. Legeno sempat memerankan sosok Draco Malfoy di film Harry Potter tersebut ditemukan meninggal di Death Valley, California, saat sedang melakukan pendakian. Jasadnya ditemukan oleh sepasang pejalan kaki, diduga kematiannya dikarenakan cuaca yang ekstrim di daerah pendakian.

4. Widjajono Partowidagdo


Widjajono Partowidagdo merupakan akademisi dan pengamat perminyakan di Indonesia. Pak Wid, demikian dia akrab disapa adalah Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral meninggal ketika sedang melakukan pendakian di Gunung Tambora. Mendaki gunung memang hobinya sejak lama.

Widjajono diduga meninggal akibat kelelahan dan kesulitan bernafas ketika mendaki Tambora.  Sosoknya yang ramah dan rendah hati ini meninggal  pada tanggal 21 April 2012.

Memang bukan hal baru lagi perihal pendaki yang meninggal pada saat melakukan pendakian, sehingga jika kamu berencana melakukan pendakian maka harus dibekali dengan pengetahuan yang cukup dan tentunya kehati-hatian.

(brl/ani)

YOU MAY ALSO LIKE

BRILIO VIDEO

4 Manfaat Spons Yang Bisa Kamu Buat Dengan Mudah!
Inilah yang menjadikan spons serba guna. Spons dapat digunakan untuk membersihkan permukaan basah. Selain itu, karena permukaannya yang lembut, ...

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP

Would you like to switch to the English Version?