Brilio.net - Kesuksesan bisnis kebun bibit milik Steve Stanley terjadi bukan hanya dalam sekejap mata. Ada berbagai eksperimen yang harus dilalui oleh Steve agar tercipta formula yang pas dalam berbisnis.

Kalau di tempat kami yang paling penting itu brand marketingnya, kepuasan pembeli nomor satu, ungkap Steve kepada brilio.net, Jumat (8/5). Karena bisnis kami online, kami menyediakan live chat 16 jam/hari untuk pemula yang ingin belajar berkebun.

Selain itu, kualitas pengemasannya juga haruslah menarik dan tahan banting saat dikirim. Pria asal Bojonegoro, Jawa Timur ini mengungkapkan butuh biaya ekstra untuk kemasannya karena jarak pengiriman yang lama kadang bisa merusak tanaman. Meski begitu Steve berani memberi garansi dua minggu bagi tanaman yang mati.

Hal penting lainnya dalam berbisnis adalah memerhatikan kualitas dan kuantitas. Sebisa mungkin Steve mengumpulkan semua jenis tanaman dari seluruh Indonesia. Hingga saat ini kebun bibit miliknya telah memiliki 2.700 jenis tanaman mulai dari bunga, buah hingga tanaman ekstrim seperti kantong semar dan lain-lain. Harganya sendiri dibanderol mulai dari yang paling murah Rp 5.000 hingga jutaan rupiah.

Kami juga membuat video setiap hari yang berisi tentang bagaimana tata cara menanam bunga yang baik dan benar serta perawatannya. Dengan begitu pembeli bisa mengerti dan puas dengan pelayanan kita, tutup Steve.