Brilio.net - Prestasi sekolah yang dicapai Salsabiilaa Roihanah terbilang luar biasa. Dia salah seorang pemenang di ajang bergengsi International Junior Science Olympiade (IJSO).  Apa sesungguhnya rahasia dari kemenangan Salsa?

Pada usianya masih terbilang cukup muda, 15 tahun, dia telah berhasil mendapatkan segudang prestasi. Salsa mengungkap, meraih prestasi memerlukan proses. Nah, berikut ini adalah tips dari Salsa seperti disampaikan kepada brilio.net.

1. Cari waktu yang tepat buat belajar
Kamu mungkin kadang merasa mengantuk atau bosan jika mendengar tentang belajar. Tapi, tahukah kamu kalau belajar itu juga butuh kesiapan termasuk waktu tertentu. Ya, kamu bisa mencoba belajar di tempat yang tenang atau suasana yang membuat perasaanmu nyaman, sehingga ilmu yang kamu pelajari bisa segera kamu pahami dengan baik.

2. Buat target
Ya, target yang harus kamu capai juga jelas. Sebab dengan mengetahui targetmu, maka kamu akan lebh termotivasi lagi.

3. Buat jadwal belajar
Ala bisa karena biasa, mungkin kamu pernah mendengar pepatah ini. Nah, belajar itu harus jadi pembiasaan. Kamu bisa membuat jadwal khusus seberapa waktu yang kamu luangkan untuk belajar. Ingat, semuanya butuh proses.

4. Buat catatan kecil
Catatan kecil ini salah satu rahasia belajar ala Salsa. Catatan kecil ini berguna untuk mencatat hal-hal yang belum kamu pahami saat belajar, sehingga nanti jika bertemu dengan guru kamu bisa bertanya hal-hal yang belum kamu pahami dengan baik ataupun bisa menjadi daftar jelajah kamu diinternet.

5. Berani bertanya
Poin terakhir ini menjadi salah satu hal penting, berani bertanya dan terus bertanya. Jangan pernah puas dengan apa yang kamu ketahui. Seperti kata pepatah, semakin kamu belajar semakin kamu tahu kalau kamu tidak tahu apa-apa.

"Belajar itu menuntut ilmu, jadi pengetahuan kita bertambah" jelas Salsa. Gimana? setelah menyimak tips and trik dari Salsa, kamu sudah siap untuk berprestasi sepertinya? atau bahkan kamu siap melebihi prestasi Salsa? Ditunggu ya pretasinya.