Brilio.net - Lebaran siap menyapa. Setiap tahunnya umat muslim di Indonesia terkenal dengan tradisi yang sudah turun temurun menjelang lebaran, mudik!

Mudik menjadi tradisi pulang kampung tahunan yang tentunya dilakukan oleh masyarakat yang tidak tinggal atau sedang merantau di suatu tempat. jika di antara kalian berencana mudik, gak ada salahnya mempersiapkan lebih awal barang yang akan dibawa ketika mudik.

Selain pakaian dan barang pribadi, tentu kamu ingin membawa buah tangan untuk keluarga di kampung halaman. Untuk meminimalisir beban bawaan nanti, tidak ada salahnya menyimak beberapa tips dari brilio.net, Selasa (30/6).

1. Perkirakan lama dan kegiatan pergi dan pulang

Mudik dalam jangka panjang dan pendek tentunya berimbas terhadap barang bawaan, dan juga kegiatan yang direncanakan ketika sudah di kampung halaman bisa diperkirakan demi mempersiapkan kebutuhan barang pribadi.

Loading...

2. Tinggalkan barang yang tidak berguna

Barang yang dirasa tidak akan banyak digunakan, alangkah baiknya disimpan terlebih dahulu, selain mengambil ruang juga menambah berat muatan.

3. Ransel atau koper

Menggunakan ransel atau koper disesuaikan dengan barang yang akan dibawa, diusahakan pilih yang nyaman dan sesuai agar lebih efisien dalam membawanya.

4. Obat-obatan dan peralatan mandi serta makeup

Nah, buat barang-barang ini diusahakan dipisah dengan barang yang lain. Selain tingkat penggunaannya lebih sering dan digunakan dalam keadaan yang tidak menentu, bisa juga dalam keadaan darurat.

5. Packing efisien dan nyaman

Bagaimana mengepak semua barang tersebut ke dalam ransel atau koper?

a. Gulung pakaian dan kumpulkan dalam satu sisi

b. Benda berat diletakkan di posisi paling bawah

c. Isilah ruang sudut atau yang kosong dengan menyelipkan benda seperti kaos kaki atau sebagainya.

d. Taruhlah barang yang sering diperlukan di posisi paling atas agar mudah dijangkau.

e. Sediakan kantong atau tas kecil.

f. Usahakan ransel atau koper terkunci rapat setelah packing.

Semoga bermanfaat bagi kalian yang akan mudik lebaran.