×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tips mudah hasilkan foto keren ala Darwis Triadi untuk para pemula

0

BRILIO » News

Tips mudah hasilkan foto keren ala Darwis Triadi untuk para pemula

foto-foto: www.darwistriadischoolofphotography.com/wikipedia.org

"Aturan ini bisa digunakan sebagai guideline untuk pemula," ungkap Darwis.

21 / 01 / 2016

Brilio.net - Berbicara soal fotografi memang nggak ada habisnya. Berbagai perkembangan mulai dari perangkat kamera sampai berbagai teknik mengambil foto terus mengalami kemajuan. Hal inilah yang terkadang membuat para pemula menjadi seperti kehilangan arah. Beruntung bagi mereka yang mendapatkan pendidikan formal tentang fotografi.

Tapi bagaimana bagi mereka yang belajar fotografi secara autodidak? Tenang, ada beberapa tips sederhana yang sangat mudah dipraktikkan bagi seorang pemula sekali pun. Salah satu tips sederhana yang bisa digunakan kapan pun, di mana pun, dan dengan kamera apa pun adalah dengan mempraktikkan metode bernama Rule of Thirds.

BACA JUGA: 17 Gambar ini buktikan kalau fotografer itu bukan pekerjaan mudah

Rule of Thirds atau aturan sepertiga adalah sebuah petunjuk bagaimana caranya memosisikan objek di sepertiga bagian dalam foto agar lebih enak dipandang. Aturan ini membagi bidang foto menjadi sepertiga bagian di tiap sisi atau sembilan kotak kecil, di mana bidang foto dibagi oleh dua garis imajiner vertikal dan horizontal. Sehingga ada empat titik pertemuan dari garis tersebut.

Nah, teori rules of thirds mengatakan jika objek yang menjadi "point of interest" atau bagian paling menarik dari sebuah foto ditempatkan di salah satu titik tersebut, maka secara keseluruhan foto akan menjadi lebih seimbang dan enak dilihat.

Tips mudah hasilkan foto keren ala Darwis Triadi untuk para pemula
foto: finearttips.com

Darwis Triadi, fotografer senior, kepada brilio.net, Kamis (21/1) mengatakan, aturan ini bisa digunakan sebagai petunjuk awal bagi mereka yang baru belajar fotografi. Bagaikan melukis di sebuah kertas kosong, seorang pemula membutuhkan sebuah garis bantu agar gambar terlihat lebih seimbang dan proporsional.

"Aturan ini bisa digunakan sebagai guideline untuk pemula," ungkap pria yang kerap menjadikan artis papan atas sebagai model foto ini.

Tips mudah hasilkan foto keren ala Darwis Triadi untuk para pemula
foto: photographymad.com

Dalam ilmu desain juga dikatakan, saat melihat sebuah gambar mata manusia secara natural tertuju pada salah satu titik di atas dibandingkan pada pusat titik tengah foto. Sehingga foto yang disusun dengan komposisi rules of thirds lebih enak di mata karena sejalan dengan cara mata kita melihatnya.

Tapi bagi Darwis, aturan ini bukanlah sebuah aturan baku yang harus selalu dijalankan. Selain menggunakan aturan di atas, pencahayaan dalam sebuah foto juga hal yang penting sekali. Karena konsep dasar fotografi sendiri adalah proses melukis dengan menggunakan media cahaya. Selain itu, seorang pemula juga harus dituntut kreatif agar mendapatkan komposisi foto yang lebih menarik.

Tips mudah hasilkan foto keren ala Darwis Triadi untuk para pemula
foto: wikipedia.org

"Aturan itu dibuat oleh manusia, bukan Tuhan. Jadi sebenernya fotografi nggak ada aturan bakunya. Selain belajar mengatur pencahayaan, belajar menggunakan feeling itu penting sekali," imbuhnya.





Social media banner
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    33%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more