Brilio.net - Perang dan kekerasan susah dihilangkan dari muka bumi ini. Pasalnya hal itu sudah terjadi sejak puluhan abad silam. Hal itu ditunjukkan dari penemuan kerangka manusia yang terkubur selama 900 tahun di bawah pohon.

Dikutip dari dailymail, selasa (19/5), sebuah pohon tumbang di Colloney, Sligo, Irlandia karena badai besar yang menghantamnya. Namun yang mengejutkan adalah adanya kerangka manusia yang terkubur di bawah akar pohon tersebut selama kurang lebih 900 tahun.

Terkubur 900 tahun di bawah pohon, tulang manusia masih utuh

Terkubur 900 tahun di bawah pohon, tulang manusia masih utuh

Terkubur 900 tahun di bawah pohon, tulang manusia masih utuh

Loading...

Sementara itu tim peneliti dari Sligo Leitrim Arkeologi Services (SLA) mengemukakan pendapat mengejutkan mengenai sosok kerangka manusia tersebut. "Banyak tulangnya yang masih utuh seperti tengkorak dan tulang kakinya, sementara yang lainnya sudah hancur karena aktivitas pohon," ungkap Dr Marion Dowd.

Berdasarkan penelitian, diduga kerangka manusia yang terkubur di dalamnya adalah seorang pria muda berusia sekitar 17-20 tahun. Diperkirakan dia meninggal dunia pada tahun 1030 hingga 1200 karena kekerasan. Beberapa cedera ditemukan pada tulangnya termasuk dua luka pada tulang rusuk dan tangannya.

Pria itu memiliki tinggi sekitar 1,78 meter dan diyakini telah mengalami penderitaan hidup selama bekerja menjadi buruh di masanya. Hal ini ditandai dengan penyakit sendi di tulang belakangnya.