Brilio.net - Para ilmuwan baru-baru ini mengumumkan penemuan baru di bidang arkeologi yakni fosil manusia. Fosil ini bernama Homo Naledi yang diduga jenis manusia pertama di dunia karena ditaksir berusia di antara 20.000 hingga 2 juta tahun sebelum masehi.

Dikutip dari dailymail, Jumat, (11/9), fosil tersebut ditemukan di sebuah gua di Afrika Selatan. Penemuan ini muncul berkat laporan warga setempat yang melihat potongan-potongan tulang yang menempel dalam dinding gua. Hingga saat ini ada sekitar 1.500 tulang yang telah ditemukan.

Temuan fosil gegerkan arkeolog, diduga manusia pertama di dunia

Temuan fosil gegerkan arkeolog, diduga manusia pertama di dunia

Temuan fosil gegerkan arkeolog, diduga manusia pertama di dunia

Loading...

Meski begitu, para ilmuwan saat ini masih kesulitan mendeskripsikan apakah ini termasuk dalam fosil manusia atau bukan. Homo Naledi memiliki otak yang tak lebih besar dari jeruk. Namun dia memiliki tangan dan tulang jari layaknya manusia yang digunakan untuk memanjat.

Homo Naledi termasuk besar jika dibandingkan dengan fosil-fosil lainnya yang ditemukan. Tingginya mencapai 1,5 meter dengan kaki yang panjang dan mampu berjalan jauh. "Secara keseluruhan Homo Naledi merupakan salah satu fosil paling primitif tetapi memiliki beberapa anggota tubuh yang mengejutkan dan mirip manusia," ujar John Hawks dari University of Wisconsin-Madison.