Brilio.net - Ingin punya motor tapi kantong pas-pasan? Tenang. Dengan modal Rp 200 ribuan saja, kamu sudah bisa punya motor sendiri dengan model klasik ala Si Doel Anak Sekolahan. Dimanakah itu?

Pemda DIY tahun ini akan kembali menggelar lelang kendaraan dinas operasional berupa sepeda motor dan mobil. Lelang kendaraan dinas tersebut memang rutin diadakan setiap tahun oleh Pemda DIY guna meremajakan aset pemerintah daerah.

Meskipun kendaraan yang dilelang rata-rata berumur tua, beberapa motor maupun mobil masih dalam kondisi yang bagus, baik itu fisik maupun mesinnya. Apalagi, saat ini kendaraan model klasik makin diburu para pecinta otomotif, termasuk motor Honda Win yang pernah dipopulerkan So Doel Anak Sekolahan di era 90-an.

Berdasarkan pantauan brilio.net di Gudang DPPKA DIY, Jalan Tentara Rakyat Mataram No.53 Yogyakarta, Senin, (23/3), kendaraan roda dua yang dilelang keluaran tahun 1971 sampai 1999 dengan merek Honda, Yamaha, dan Suzuki.

Menariknya, dalam daftar harga yang terpampang di papan pengumuman, sejumlah sepeda motor yang hendak dilelang dibuka dengan harga Rp 200 ribuan hingga Rp 1,5 jutaan.

“Usia kendaraan 10 tahun ke atas, Mas. Tentunya (kendaraan tersebut) masih bernilai ekonomis,” ujar Adi, salah seorang petugas.

Kendati demikian, calon pembeli yang hendak memiliki motor klasik tersebut harus mendaftarkan diri sebagai peserta lelang dengan persyaratan fotokopi KTP dan uang jaminan lelang.

Setelah memenuhi syarat administrasi pra lelang, peserta lelang selanjutnya dipersilahkan untuk mengikuti proses pelelangan pada waktu dan tempat yang telah ditentukan.

“Proses lelang berlangsung secara terbuka. Jadi siapapun boleh ikut,” tambahnya.