Brilio.net - Mungkin banyak dari kita yang masih asing ketika mendengar nama "Gereja Ayam". Gereja Ayam ini sebenarnya adalah sebuah bangunan gereja yang bentuknya sendiri menyerupai seekor ayam yang terletak jauh dari pemukiman penduduk di daerah Magelang, Jawa Tengah. Gereja ini tiap tahunnya dikunjungi ratusan turis domestik maupun internasional yang penasaran ingin melihatnya.

Pemrakarsa gereja ini menampik anggapan bahwa bangunan ini adalah sebuah gereja dan bangunan ini berbentuk seperti ayam. Adalah Daniel Alamsjah, seorang pria yang sehari-harinya bekerja di Jakarta, mengatakan bahwa tiba-tiba dia mendapat pesan dari Tuhan untuk membangun sebuah tempat ibadah berbentuk burung merpati.

“Mungkin banyak orang mengira bahwa ini adalah gereja karena keyakinan saya yang merupakan seorang Kristen, namun ini sebenarnya buka gereja hanya sebuah tempat ibadah, sebuah tempat untuk orang-orang yang mempercayai Tuhan," ucap Daniel.

Pada 1989, ketika dia sedang mengunjungi Magelang, dia melihat spot di mana sama persis dengan yang ada dalam mimpinya di mana tempat ibadah seharusnya dibangun. Dan satu tahun kemudian barulah dia membelinya dan mulai pembangunan. Saat ini sendiri, tempat ibadah ini sering didatangi oleh banyak penganut agama yang berbeda, termasuk Budha, Muslim, dan Kristen untuk berdoa dengan cara mereka masing-masing.

Selain itu, bangunan ini juga sering digunakan sebagai tempat rehabilitasi terapi untuk anak-anak berkebutuhan khusus, ketergantungan narkoba, masalah kejiwaan, serta anak muda yang biasanya melakukan kekerasan.

Tempat ibadah unik di Magelang, dibuat menyerupai ayam

Bagian dalam bangunan

Tempat ibadah unik di Magelang, dibuat menyerupai ayam

Kepala bangunan

Tempat ibadah unik di Magelang, dibuat menyerupai ayam

Bagian ekor bangunan


Ada banyak sekali sebutan untuk tempat ini, di antaranya Gereja Ayam, Gereja Burung, Gereja Merpati, Bukit Merpati, dan lainnya.

Menurut salah satu wisatawan, Budi, kepada brilio.net, Selasa (14/7) bangunan ini memiliki 15 ruangan dan ada 1 ruangan dilengkapi 3 kamar mandi. Ada juga satu pintu yang kita tidak diperkenankan untuk memasukinya.

BACA JUGA:

Telan landak 12,7 kg, ular Piton mati perutnya ketancep banyak duri

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

10 Foto yang akan membuatmu merindukan sosok ayah

10 Coretan di uang kertas yang mungkin pernah kamu lakukan saat kecil

21 Stiker lucu di sepatbor motor, awas nabrak!

20 Tas belanjaan unik, kreatif, juga menggelikan

25 Meme kucing yang imut, ngegemesin dan bikin ketawa

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com

15 Foto kombo, seni baru fotografi yang akan membuat kamu terbelalak!

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak

Mbah Sholeh, meninggal 9 Kali, makamnya ada 9