Brilio.net - Pekerjaan sebagai abdi negara atau pegawai negeri sipil (PNS) mungkin kamu anggap sebagai pekerjaan yang kurang menantang. Stigma negatif yang melekat pada PNS mulai dari pelayanan yang kurang baik, jam kerja yang sedikit hingga tidak ada kerjaan di kantor membuat pekerjaan ini dipandang sebelah mata.

Namun jangan salah, PNS saat ini justru pekerjaannya cukup berat lho. Apalagi jika kamu berada di bawah suatu kementerian. Salah seorang PNS di Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Anta (24), menuturkan bahwa jam kerja mereka bahkan sama dengan pegawai swasta bahkan sering ada lembur.

“Untuk Kemenkeu masuknya mulai pukul 07.30 hingga 17.00, kalau lembur bisa sampai pukul 20.00,” ungkap Anta kepada brilio.net. “Kami absennya pakai sistem finger print (sidik jari), jika telat lebih dari 30 menit akan dipotong gaji 0,25% dari tunjangan khusus pengelolaan negara, telat lebih dari 1,5 jam bisa dipotong hingga 2,5%.”

Hal senada juga diungkapkan oleh Taryono (49), salah seorang PNS di Pengadilan Agama. Pria yang sudah mengabdikan diri selama 20 tahun ini mengaku setiap lembaga pemerintahan sudah menerapkan sistem finger print untuk absen guna mendisiplinkan pegawainya.

“Kalau di sini telat 1 detik saja bisa dipotong gaji dari tunjangan remunerasi,” ungkap Taryono. “Potongannya kisaran 1% hingga 5%, itu termasuk jika pulang lebih awal tanpa absen di finger print.”

Berbagai pelayanan publik pun juga terus ditingkatkan oleh para PNS. Jika dulu urusan birokrasi terkesan ribet dan ada imbalannya, namun kini semua bisa diselesaikan dengan cepat dan tanpa dipungut biaya.

“Saya buat kartu kuning gampang banget, tinggal siapin berkas, isi biodata lalu antri menurut antrian untuk foto, sudah begitu saja. Kalaupun keluar uang itupun paling hanya untuk fotokopi legalisir saja,” puji salah seorang warga.