Brilio.net - Yogyakarta memang dikenal sebagai sarangnya orang-orang kreatif dalam berkarya. Wajar saja jika di pusat perbelanjaan Kota Pelajar ini, selalu memiliki koleksi-koleksi seni yang menakjubkan.

Tidak hanya di museumkan atau dipampang di galeri, karya-karya seniman ini digelar di pinggir jalan agar semakin banyak orang menikmatinya.

Dari sekian banyak patung dan hasil kesenian yang ada di sepanjang Jalan Malioboro, ada satu patung yang berbentuk tangan sedang menadah, sambil membawa bungkusan. Banyak orang bertanya apa maksud dari patung tersebut dan pesan apa yang ingin disampaikan.

Organisasi Mahasiswa Pekalongan Raya (Mahakarya), menceritakan kepada brilio.net, pada Senin (8/6) mengenai seluk beluk patung setinggi sekitar dua meter itu.

Loading...

Patung itu disebut dengan Patung Sego Megono, yang dibuat oleh tim 'LOH J' dalam sebuah festival seni di Yogyakarta. "Salah satu timnya bernama Bagus Ahmad Rifai, dia orang Kesesi, Pekalongan yang sedang berkuliah di Universitas Negeri Yogyakarta," ujar salah seorang pengurus Mahakarya, Bagus.

Menurut organisasi tersebut, patung tersebut terbuat dari kaleng, besi dan gelas plastik bekas. Patung itu diikutkan dalam festival seni bernama pameran ruwatan apem, yang sudah diadakan selam enam tahun silam.

Dengan teman daur ulang sampah, karya unik ini mendapatkan kesempatan dipajang di Jalan Malioboro, Yogyakarta, hingga 10 Juli 2015.

'Tangan' ini sebenarnya memegang apa ya?

"Pekalongan itu tidak terkenal produk batiknya saja, tapi juga banyak kearifan lokal yang menarik dikenali, salah satunya adalah makanan khas Pekalongan bernama megono ini," imbuh Bagus.

Untuk diketahui, megono merupakan makanan khas Pekalongan yang terbuat dari gori yang dicacah. Makanan ini biasanya menjadi pendamping nasi, yang disantap bersama dengan tempe goreng anget, dan menjadi menu sarapan favorit warga kota batik.

Rupanya, tim ini ingin mengenalkan kuliner khas daerah, melalui cara yang tak biasa. Kreatif.

HOT NEWS:

Anak SMA ini temukan cara deteksi boraks cukup pakai tusuk gigi

Hafiz, pria berwajah cantik ini menangis karena KTP-nya tersebar

Kemegahan gedung Garuda ini tinggal kenangan, kini rata dengan tanah

Seram, hewan raksasa berbentuk pipa ditemukan di dasar laut

 

TRENDING NEWS:

VIDEO: Kisah kue ibu untuk anakku yang akan membuatmu menangis

Menyeramkan, pulau misterius ini membunuh siapa saja yang datang

Es batu yang kamu minum dari air mentah atau air matang?

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis

Kontroversi surat terbuka Anggun C Sasmi ke Presiden Jokowi