×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tanaman antidehidrasi, 'oleh-oleh' mahasiswi Undip mendaki Merbabu

View Image

0

BRILIO » News

Tanaman antidehidrasi, 'oleh-oleh' mahasiswi Undip mendaki Merbabu

Saat dilakukan uji proximat, ditemukan juga fakta bahwa terdapat kandungan air hingga 86% dan karbohidrat.

24 / 05 / 2015

Brilio.net - Berawal dari pendakian ke Gunung Merbabu, empat mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) yakni Raisha Selviastuti, Umi Ardiningsih, Ditya Apillia Ningtyas, dan Meiza Hayyu Putri menemukan fakta unik pada tanaman lumbuh (Curculigo latifolia Dryand) yang biasa hidup di daerah pegunungan. Buah tersebut selain bisa menimbulkan rasa manis pada mulut setelah dimakan, juga bisa mengatasi dehidrasi yang biasa terjadi pada para pendaki gunung.

Raisha, ketua tim Program Kreativitas Mahasiswa(PKM) bidang penelitian ini mengungkapkan bahwa saat mereka melakukan pendakian ke Gunung Merbabu, mereka diberi tahu oleh pemandu tentang berbagai tumbuhan yang bisa digunakan untuk survival di hutan. Saat itu ia juga diberi tahu tentang buah dari tumbuhan lumbuh yang bisa membuat manis lidah setelah dimakan. "Saat itu memang dikasih tahu bahwa itu tumbuhan pengganti gula buat para pendaki, tapi kandungan yang menyebabkannya nggak dikasih tahu," terangnya, Jumat (22/5).

Ia pun penasaran apa yang menyebabkan buah itu bisa membuat semua makanan yang dimakan setelah itu berasa manis. Penasaran itupun ia bawa hingga ke kampus. Mahasiswa Kesehatan Masyarakat itu lalu melakukan penelitian terhadap buah tersebut.

Saat dilakukan penelitian di Balai Perindustrian Semarang, Raisha dan tim menemukan fakta bahwa yang membuat manis buah tersebut adalah protein curculin. Saat dilakukan uji proximat, ditemukan juga fakta bahwa terdapat kandungan air hingga 86% dan karbohidrat.

Raisha dan tim lalu melakukan pengujian terhadap buah tersebut. Dimintalah 10 temannya yang sering mendaki gunung untuk dijadikan percobaan. Lima temannya diberi perlakuan dengan memakan buah lumbuh, sementara lima teman lainnya tidak diberi perlakuan. Sepuluh orang tersebut pun diminta untuk melakukan pendakian ke salah satu gunung di Magelang.

Loading...

Hasilnya, lima teman yang memakan buah lumbuh tak begitu mengalami dehidrasi, mereka juga tak begitu merasakan lapar. Sementara lima orang yang tak memakan buah lumbuh merasakan dehidrasi dan lapar.

Wah, perlu dicoba oleh para pendaki gunung nih!







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    33%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more