1. BRILIO.NET
  2. »
  3. News
Erina Wardoyo 20 Mei 2015 18:30

Tak disarankan difotokopi, begini cara menyalin e-KTP

Chip e-KTP yang kita pakai saat ini telah dirancang dengan standar internasional dengan suhu antara -25 hingga 70 derajat celcius.

Brilio.net - Kamu pasti sering mendengar larangan untuk memfotokopi e-KTP karena dianggap dapat merusak chip di dalamya. Nah dalam pikiranmu pasti bertanya-tanya, apa sih istimewanya chip ini dan apa fungsinya dalam kehidupan sehari-hari?

Chip e-KTP adalah kartu berbasis mikropossesor yang memiliki besar memori 8 KB. Permukaan chip e-KTP telah memenuhi standar ISO 14443 A atau ISO 14443 B. Chip ini mampu menyimpan biodata, pas photo, dua data sidik jari dan tanda tangan.

Chip e-KTP yang kita pakai saat ini telah dirancang dengan standar internasional dengan suhu antara -25 hingga 70 derajat celcius. Itu berarti, chip ini tidak akan rusak meskipun kena air.

Meski begitu, e-KTP juga dilarang difotokopi berkali-kali dengan suhu di atas 60 derajat celcius. Lantas bagaimana jika ingin mendapatkan salinannya?

BRILIO VIDEO

MAKMUR Ep1 - Nasi Goreng
MAKMUR "Perut Kenyang, Dompet Senang" Alias MAKan MURah! Ini adalah sebuah series untuk menguak tempat makan seru dan enak dengan harga di bawah 20.000 IDR! Dijamin pas buat kalian kalian yang suka kuliner ataupun lagi bokek di akhir bulan! Yuk ikutin review dari kita! Episode kali ini, MAKMUR akan coba nyari nasi goreng enak di bawah 20.000 IDR di Jakarta! Mau tau nasi goreng apa aja yang kita cobain? Tonton videonya! #MAKMURBrilio ---- Tonton juga video lainnya dari Brilio channel: Brilio Video Indonesia https://www.youtube.com/channel/UCjRH2OCntkHDJi0kIX3DZ3w Brilio English Video https://www.youtube.com/channel/UCXcS_QO4A8YJ44frv9Np1_Q Part of Brilio Brilicious Production ---- SUBSCRIBE https://www.youtube.com/channel/UCjRH2OCntkHDJi0kIX3DZ3w WEBSITE: http://brilio.net FACEBOOK: https://www.facebook.com/BrilioVideoIndonesia/ TWITTER: https://twitter.com/brilionet?lang=id INSTAGRAM: https://www.instagram.com/brilionet/ ---- LOKASI Nasi Goreng MAFIA Jl. Tebet Raya No.27 D, Tebet Timur, Kecamatan Tebet, RT.1/RW.2, Tebet Tim., Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12820 https://www.nasgormafia.com/ Panda XO @ FoodLab Jl. Kapten Tendean No.41, RT.2/RW.3, Kuningan Bar., Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12710 Nasi Goreng Bhakti Jl. Bhakti Blok S, Kebayoran Baru, RT.11/RW.1, Rw. Bar., Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180

Terlalu sering memfotokopi e-KTP bisa membuat chip yang ada di dalam e-KTP rusak, walaupun chip itu telah dirancang mampu menahan panas hingga 70 derajat celcius. Idealnya e-KTP hanya perlu dimasukkan ke dalam card reader jika ingin mendapatkan salinannya. Atau jika ingin punya salinan berupa fisik, cukup dengan discan dan kemudian hasilnya dicetak.

Lalu sebenarnya apa sih fungsi dari e-KTP ini dalam kehidupan sehari-hari? Tentunya yang pertama adalah sebagai identitas diri. Contohnya jika berada di rumah sakit yang mempunyai card reader e-KTP, maka kamu tidak perlu mengisi formulir, tinggal masukkan e-KTP dalam card reader dan masukkan sidik jari, maka biodatamu akan segera terdaftar dalam data base mereka.

Selain itu e-KTP juga bersifat nasional, jadi kamu tidak perlu membuat KTP lokal lagi jika ingin mengurus perizinan, pembukaan rekening bank di kota lain. Dengan adanya chip e-KTP juga mencegah pemalsuan KTP oleh orang lain, karena kode angka dalam NIK sudah diatur sedemikian rupa sehingga tidak memiliki kode kembar dengan orang lain.

(brl/pep)

YOU MAY ALSO LIKE

Pantai Kasap, Raja Ampat From Java
Pantai Kasap, atau sering dijuluki sebagai Raja Ampatnya Pulau Jawa ini terletak di Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini juga salah satu pantai yang bisa banget untuk dijadikan destinasi wisata kalian, lho! Yuk, saksikan keindahannya hanya di Brilio.net!
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

Tak disarankan difotokopi, begini cara menyalin e-KTP.
Chip e-KTP yang kita pakai saat ini telah dirancang dengan standar internasional dengan suhu antara -25 hingga 70 derajat celcius.
https://www.brilio.net/news/tak-disarankan-difotokopi-begini-cara-menyalin-e-ktp-1505204.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


Jangan cuma disimpen sendiri,
Posting karyamu dan menangin uang tunai
di platform baru, Brilio Creator!

Ikutan Di Sini
TOP

Would you like to switch to the English Version?