Brilio.net - Yogyakarta selalu istimewa, banyaknya landmark yang bisa kalian datangi jika memiliki kesempatan untuk bisa sekadar jalan-jalan di Yogyakarta. Nah, salah satu tempat yang selalu ramai jika Ramadan tiba adalah Masjid Gedhe Kauman.

Jika kalian perhatikan, di sebelah barat alun-alun utara Yogyakarta terdapat sebuah masjid raya Kesultanan Yogyakarta atau Masjid Besar Yogyakarta. Mesjid Gedhe Yogyakarta merupakan rangkaian yang tidak dapat dipisahkan dengan Karaton Ngayogyokarto Hadiningrat.

Sejarahnya, didirikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I Senopati ing Ngalogo Abdurrahman Sayidin Panatagama Kalifatullah ing Ngayogyokarto. Masjid Gedhe didirikan pada tanggal 29 Mei 1773. Apabila dihitung saat ini sudah berumur 242 tahun atau dua abad lebih.

Masjid yang terletak di daerah Kauman, Gondomanan Yogyakarta ini selain dipakai untuk shalat, juga difungsikan sebagai "al mahkamah al kabiroh", yaitu sebagai pertemuan alim ulama, pengajian Dakwah Islamiyah, mahkamah untuk pengadilan masalah keagamaan, pernikahan, perceraian, dan pembagian waris. Selain itu juga untuk peringatan hari-hari besar agama Islam.

Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta bangunannya ala tradisional Jawa, yaitu beratap tumpang tiga, dengan mustaka menggambarkan daun kluwih dan gadha. Pembangunan Masjid Gedhe Kauman ditandai dengan peletakan batu pertama pada hari Ahad 6 Robi’ul akhir tahun 1188, seperti yang tertulis pada prasasti yang terletak di samping kanan pintu utama Masjid Gedhe Kauman.

Loading...

BACA JUGA:

Berkat meme lucu wajahnya, bocah ini kumpulkan uang untuk obati ayah

VIDEO: Kisah haru bocah hafalkan Al-Fatihah demi kirim doa ke ibunya

Hafit, bocah SD yang kayuh sampan 2 jam seberangi lautan ke sekolah

Bocah SD jualan gorengan demi menghidupi ibu dan kakak, salut!

Bocah ini sumbangkan 25 cm rambutnya kepada penderita kanker

Bocah usia 9 tahun ini membangun rumah untuk gelandangan