Brilio.net - Upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-70 yang berlangsung di Istana Merdeka berjalan lancar, Senin (17/8).

Namun ada hal menarik perhatian ketika proses pengibaran bendera berlangsung. Saat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan tamu undangan melakukan hormat, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sebagai orang nomor dua di negeri ini tersebut tak memberikan hormat.

Dalam foto yang diunggah oleh Lukman Denma Prasetyo, nampak Pak JK tidak memberikan hormat kepada sang saka Merah putih. "Itu lupa atau gimana? Miris," kata Lukman seperti dikutip brilio.net, Senin (17/8) dari akun Twitternya.

Ternyata kejadian ini mengundang perhatian netizen hingga menjadi trending topic di media sosial Twitter, bahkan banyak netizen yang mencuitkan komentar negatifnya.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Lalu sebenarnya boleh tidak ya? Jika Pak JK tidak memberikan hormat saat pengibaran bendera. Berdasarkan penelusuran brilio.net, bahwa tindakan tidak memberi hormat yang dilakukan Pak JK tidaklah salah alias boleh-boleh saja.

Hal ini didasarkan pada PP No 50/1948 tentang Bendera Kebangsaan RI, pasal 20 yang menyebutkan:

Waktu upacara penaikan atau penurunan bendera kebangsaan, maka semua orang yang hadir memberi hormat dengan berdiri tegak, berdiam diri, sambil menghadapkan muka kepada bendera sampai upacara selesai. Mereka yang berpakaian seragam dari sesuatu organisasi memberi hormat menurut cara yang telah ditentukan oleh organisasinya itu.

Sedangkan mereka yang tidak berpakaian seragam, memberi hormat dengan meluruskan lengan ke bawah dan melekatkan tapak tangan dengan jari-jari rapat pada paha, sedang semua jenis penutup kepala harus dibuka, kecuali kopiah, ikat kepala, sorban dan kudung atau topi-wanita yang dipakai menurut agama atau adat-kebiasaan.

Selain itu, tindakan wakil presiden tidak memberi hormat pada saat pengibaran bendera, sudah berlangsung lama. Simak saja foto momen-momen di mana wakil presiden juga tidak memberi hormat di bawah:

Tak beri hormat saat pengibaran Merah Putih, sikap Pak JK salahkah?Bahkan momen seperti saat ini juga sudah berlangsung sejak Indonesia dipimpin oleh Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Hatta.

"Sebelum ributkan @Pak_JK coba cek dulu gambar ini ya," kata akun @danrem sambil membagikan fotonya.

(brl/swh)