Brilio.net - Laman independent.co.uk memberitakan, seorang konglomerat asal Hong Kong membelikan putrinya yang baru berusia 7 tahun sebuah cincin blue diamond 12,03 karat. Joseph Lau (64) memberi nama berlian tersebut "Blue Moon of Josephine" setelah memenangkan lelang di Jenewa, Swiss.

Taipan ini belikan anak 7 tahunnya berlian seharga Rp 650 miliar, wow!

Joseph Lau, sang taipan.

Rumah lelang Sotheby menyatakan lelang berlian kali ini adalah yang terbesar dari semua lelang berlian berwarna lainnya, mengalahkan berlian Graff Pink 24,78 karat yang jatuh pada harga Rp 630 miliar di Jenewa pada 2010.

Juru bicara rumah lelang Sotheby, David Bennett menyatakan, "Aku belum pernah melihat batu yang lebih indah dari ini. Bentuk, warna, serta kemurniannya, ini adalah batu ajaib dan semua orang, menurutku, ingin meletakkannya di jari mereka."

Dua penawar sudah terkunci dalam perang penawaran via telepon, delapan menit sebelum palu diketuk pada Rabu (11/11). Estimasi penjualan berkisar pada Rp 470-750 miliar. Berlian ini ditemukan di Afrika Selatan pada bulan Januari 2014 dan warna biru mencolok adalah disebabkan kehadiran elemen boron di dalamnya. Nama "Blue Moon" untuk mencerminkan kelangkaannya.

Taipan ini belikan anak 7 tahunnya berlian seharga Rp 650 miliar, wow!

Proses lelang berlian biru di balai lelang Sotheby.

Para ahli mengatakan pasar untuk berlian berwarna telah menjadi semakin kuat dalam beberapa bulan terakhir, dan berlian yang paling menjadi incaran adalah blue diamond dan pink diamond.

Pada 2013 berlian bernama Pink Star diyakini sebagai pemecah rekor berlian termahal dengan harga mencapai Rp 1 triliun yang juga dilelang di Sotheby. Namun, pembeli kemudian membatalkan pembelian, dan Sotheby dipaksa untuk membeli berlian di bawah kontrak lelangnya.

Taipan ini belikan anak 7 tahunnya berlian seharga Rp 650 miliar, wow!

Berlian biru dan merah.

Sebelumnya, Lau memenangkan lelang untuk pink diamond 16,08 karat yang kemudian dia namai "Sweet Josephine" dengan harga lebih dari Rp 380 miliar pada Selasa (10/11). Miliarder investor real estate asal Hong Kong ini ini juga sempat membelikan blue diamond 7,03 karat yang lain pada 2009 seharga Rp 120 miliar yang diberi nama "Star of Josephine".
 

ARTIKEL BERLIAN LAINNYA:

Pakai berlian untuk melawan kanker

Perawatan kecantikan paling mewah, berlian untuk facial & manicure

Kenapa ya kok cewek tergila-gila sama berlian?