Brilio.net - Saat ini, Indonesia memang jadi negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Tapi tahukah kamu kalau tahun 2050 nanti posisi Indonesia sebagai pemeluk muslim terbesar di dunia diprediksi akan tergeser oleh India yang saat ini sebagian besar warganya memeluk agama Hindu.

Berdasarkan penelitian Pew Research Center seperti dilansir brilio.net dari pewresearch.org, Selasa (7/4), Islam menjadi agama dengan pertumbuhan pemeluk paling cepat daripada agama lainnya di dunia. Hal ini dikarenakan sebagian besar warga muslim dunia memiliki tingkat kesuburan penduduk tertinggi dan populasi kaum muda terbanyak.

"Populasi muslim diperkirakan akan meningkat dari 1,6 miliar orang (23% dari populasi dunia pada 2010) menjadi 2,76 miliar orang (30% dari populasi dunia) pada tahun 2050," tulis Pew dalam laporan risetnya.

Meningkatnya populasi muslim di dunia itu juga akan dibarengi dengan persebaran yang berbeda dibandingkan saat ini. Jika sekarang Indonesia dinobatkan sebagai negara dengan pemeluk Islam terbanyak, maka pada tahun 2050 India yang akan menjadi negara dengan pemeluk Islam terbanyak. Indonesia hanya akan menjadi negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar ketiga setelah India dan Pakistan.

Loading...