Brilio.net - Dalam kehidupan sosial pertanyaan seputar pekerjaaan akan selalu ada dan menghantui. Buat kamu yang belum mendapat pekerjaan yang cocok jangan dulu berkecil hati.
Sejumlah profesi yang tampaknya kurang bonafid tetap bisa kamu jalani.

Berikut beberapa yang sudah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (9/9):

1. Jual pulsa elektrik
Kegiatan yang satu ini sepertinya cocok buat kamu dengan hanya bermodal seadanya. Jumlah saldo bisa disesuaikan dengan budget yang kamu punya. Keuntungannya pun juga bisa kamu tentukan sendiri antara Rp. 500 - Rp. 2.000 per transaksi.

2. Fotografi
Jangan cuma suka pamer foto hasil jepretanmu di sosmed.
Kalau kamu merasa percaya diri dengan kemampuan fotografimu, bisa dicoba untuk mempromosikan diri sebagai fotografer freelance.

Atau cobalah untuk mengikuti beberapa event lomba fotografi. Bisa juga dengan menawarkan jasa kepada teman-teman sejawatmu yang sedang membutuhkan.
 
3. Online Shop
Buat cewek-cewek yang punya hobi belanja, nggak ada salahnya kalau kamu mulai mencoba untuk membuka lapak sendiri.

Keuntungan yang bisa kamu dapat selain bisa belanja dengan harga langsung dari supplier, kamu juga nggak perlu mengeluarkan modal dengan menjadi dropshipper.
Malahan kamu juga bisa menentukan sendiri berapa keuntungan yang ingin kamu dapat per item.

4. Menulis
Kabar gembira buat kamu yang punya hobi menulis, entah itu berupa blog, cerpen, artikel atau semacamnya. Jangan biarkan karyamu berhenti sampai di akun pribadimu saja.

Cobalah untuk mulai berlatih dan ikut serta dalam beberapa event lomba kepenulisan. Tidak ada salahnya untuk mencoba.
 

2 dari 2 halaman


5. Musik
Yang satu ini kayaknya anak muda banget. Kamu yang berhobi musik bisa coba buat bikin grup band sendiri. Atau bisa juga buka kursus privat alat musik yang kamu kuasai.

6. Melukis
Beruntunglah kamu yang memiliki skill menggambar. Jika kamu bisa melukis sketsa potret, tidak sedikit uang yang bisa kantongi dari sekali pesanan. Apalagi, sekarang ini jenis lukisan sketsa potret sedang mulai diminati dikalangan remaja sebagai hadiah.
 
7. Desain grafis
Kamu yang merasa pede dengan skill desainmu bisa mencoba untuk menjadi freelance desain grafis. Hobi desain grafis kini bisa menjadi hobi yang menguntungkan dan cukup dibutuhkan. Untuk setiap hasil karyamu bisa dihargai minimal Rp 50.000