Brilio.net - Baru-baru ini The Economist mengeluarkan The Safe Cities Index 2015 yang berisikan daftar kota-kota di dunia yang dianggap aman oleh banyak orang.

Dilansir cnn.com Jumat (26/6), Tokyo terpilih menjadi kota teraman di dunia yang disusul oleh Singapura di posisi kedua dan Osaka di posisi ketiga.

Setelah Asia memimpin pada posisi enam muncullah Australia dengan Sydney dan di posisi tujuh ditempati oleh Zurich, Toronto pada posisi delapan dan Melbourne yang tahun lalu dinobatkan sebagai kota teramah berada di posisi sembilan.

Sementara untuk perwakilan Amerika sendiri, hanya New York yang berhasil masuk dalam 10 besar. Dan yang mengejutkan dari survei tersebut adalah Jakarta menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang menempati tempat terbawah setelah Ho Chi Minh dan Iran.

Selain itu, Jakarta juga menempati posisi ke-117 untuk kategori kota yang layak ditinggali dari total 140 kota. Untuk kategori besar biaya hidup, Jakarta menempati posisi ke-39 dari 131 kota yang berarti masih tergolong murah.

Loading...

Untuk kategori kota terbaik untuk bisnis, Jakarta menempati posisi ke-56 dari total 82 kota. Sementara untuk tingat demokrasinya, Jakarta ada di posisi ke-54 dari total 157 kota dan menempati posisi ke-66 untuk kategori keamanan pangannya.