Brilio.net - Rekor yang terjadi di Bhutan ini sungguh luar biasa. Sebanyak 100 orang sukarelawan menanam batang pohon sebanyak 49.672 dalam waktu satu jam.

Seperti dilansir bbc.co.uk, Senin (8/6) prestasi para sukarelawan Bhutan itu mengalahkan rekor sebelumnya dengan selisih 10.000 batang pohon yang dicatat tim India tiga tahun lalu.

"Negara ini sangat bahagia. Rekor dunia ini menunjukkan generasi muda Bhutan ingin masa depan yang bersih dan hijau. Tidak akan melakukan kompromi terkait hal itu," kata pengurus penanaman pohon Karma Tshering.

Negara Buddha berpenduduk 700.000 orang itu terletak di antara India dan China itu berusaha keras melindungi diri dari pengaruh dunia luar. Sehingga negara ini baru mengizinkan televisi dan internet sepuluh tahun lalu.

Para penanam pohon Bhutan berkumpul di Ibu Kota Thimphu untuk melakukan penanaman pohon massal ini. Guinness World Records sudah memastikan rekor ini. Pemerintah kerajaan di Pegunungan Himalaya ini menganggap penting usaha perlindungan lingkungan. Apalagi sebanyak 75 persen wilayah Bhutan adalah hutan.