Brilio.net - Ilmuwan fisika kenamaan dunia Stephen Hawking (73) kembali membuat pernyataan yang cukup kontroversial. Bukan soal Lubang Hitam (black hole), misteri terbesar di alam semesta yang belum terpecahkan selama ini adalah wanita.

Dalam sebuah sesi tanya jawab di situs jejaring sosial Reddit, Hawking menyebut wanita adalah misteri yang paling menarik untuk dikaji, namun dirinya hingga kini belum mampu memecahkan misteri tersebut.

Ketika ditanya soal misteri yang paling menarik dalam hidupnya, ilmuwan yang pernah menikah dan bercerai dua kali itu mengatakan, "Wanita. Meski aku punya gelar Ph.D. dalam bidang fisika, wanita tetaplah menjadi misteri," ungkap Hawking yang dilansir brilio.net dari dailymail, Senin (12/10).

Dalam kesempatan sama, Hawking juga memberikan komentar perihal Artificial Intelligence (AI), sebuah sistem kecerdasan mesin buatannya. Menurut Hawking, AI dapat mengancam kehidupan umat manusia bukan karena untuk menjajah, tapi kemampuannya yang berpotensi mengalahkan peran utama manusia di muka bumi.

Stephen Hawking: Misteri terbesar di alam semesta adalah wanita


"Risiko paling nyata AI bukan karena kejahatan tetapi kompetensi. AI akan sangat ahli dalam mencapai suatu tujuan dan jika tujuan tersebut tidak selaras dengan manusia, kita akan berada dalam situasi yang sulit," jelas Hawking.

Dia menambahkan bahwa AI bekerja berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan. Namun karena itulah, AI tetaplah mesin dan tidak memiliki sisi humanitas yang hanya dimiliki oleh manusia.