Brilio.net - Twitter bukan hanya digunakan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama untuk menyebarkan ide dan pemikirannya. Sederet pejabat dan politisi Indonesia juga menggandrunginya, baik untuk sekadar menyapa rekan sampai menyampaikan komentar akan perkembangan isu terkini lho.

Bahkan followers mereka bisa mencapai hingga ratusan ribu bahkan jutaan. Nah, kira-kira siapa saja ya pejabat dan politisi Indonesia yang followersnya lebih dari 1 juta? Seperti yang sudah dikumpulkan brilio.net, Senin (28/12), ini dia mereka:

1. Mahfud MD


Mantan ketua Mahkamah Konstitusi ini cukup aktif bercuit di Twitter, lama kelamaan pun followersnya makin merangkak naik hingga mencapai 1 juta followers.

2. Anies Baswedan


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ini memang dikenal memiliki banyak penggemar. Ia adalah intelektual dan akademisi yang menginspirasi gerakan Indonesia Mengajar. Di Twitter pun dia tidak kalah populer dengan followers mencapai 1,06 juta followers.

3. Ridwan Kamil


Terkenal dalam ketegasannya dalam mengelola tata kota, membuat Bandung pun menjadi lebih indah karena Kang Emil, sapaan akrabnya memang memiliki latar belakang sebagai arsitek. Wajahnya yang rupawan pun seringkali bikin wanita kepincut. Penggemarnya pun turut meramaikan akun Twitternya hingga mencapai 1,26 juta followers.

4. Hatta Rajasa


Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia yang juga merupakan besan dari mantan presiden SBY ini memiliki cukup banyak followers yaitu 1,35 juta followers.

5. Dahlan Iskan


Pada tanggal 19 Oktober 2011, berkaitan dengan reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu II, Dahlan Iskan diangkat sebagai Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara menggantikan Mustafa Abubakar. Pria kelahiran Magetan ini juga cukup vokal di media sosial khususnya Twitter. Followersnya mencapai 1,66 juta.

6. Jusuf Kalla


Wakil Presiden yang satu ini memiliki Twitter dengan akun @Pak_JK juga cukup aktif walaupun kadang Twitter tersebut ditangani oleh admin. Followersnya mencapai 1,94 juta.

7. Prabowo Subianto


Menjadi calon presiden pada periode yang lalu membuatnya sering berkampanye lewat media sosial, salah satunya melalui Twitter. Followersnya juga cukup banyak yakni mencapai 2,31 juta.

8. Ahok


Gubernur DKI yang satu ini memang terkenal dengan ketegasannya. Walaupun terkenal galak, Ahok memiliki banyak penggemar. Bahkan followers Twitternya mencapai 4,02 juta!

Yang dua terakhir adalah dua tokoh berpengaruh Indonesia, siapa ya? Klik NEXT!

2 dari 2 halaman


9. Jokowi


Orang nomor satu di Indonesia ini juga sangat populer di Twitter. Followersnya mengungguli Ahok sedikit yaitu 4,09 juta.

10. SBY


Dari kesepuluh pejabat dan politisi ini, yang paling banyak memiliki followers adalah SBY. Tidak hanya orang Indonesia saja yang mengikuti twitternya tetapi juga orang luar negeri yang mengaguminya. Followersnya mencapai 8,35 juta!