Brilio.net - Mungkin tidak banyak yang tahu siapa itu Alan Shugart. Sosoknya tidak banyak dikenal apalagi bila dibandingkan Steve Jobs, pendiri Apple Inc. atau Bill Gates si pemilik Microsoft. Tapi penemuannya tak kalah penting dibanding hasil karya mereka berdua. Apa sih temuan Alan Shugart yang begitu penting?

Alan Shugart adalah ilmuwan IBM yang memperkenalkan Floppy disk atau disket pada tahun 1971. Kala itu, disket adalah penemuan yang revolusioner karena praktis dan mudah untuk mengirim data dari komputer ke komputer. Disket juga satu-satunya perangkat portable  yang kala itu bisa menyimpan program baru dan sebagai penyimpan file.

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, sistem kerja disket temuan Alan ini mirip sebuah tape perekam di mana sisi-sisi disk berguna untuk merekam data, sementara disket di tengahnya berfungsi mengambil data floppy. Disket buatan Alan yang pertama hanya memiliki kemampuan menyimpan sebesar 100 kilobite (kb) lho.

Sosok ini gak kalah dengan Steve Jobs, apa sih penemuannya?

Kini, penyimpan file portable temuan Alan Shugart telah dikembangkan menjadi berbagai macam jenis seperti flashdisk dan hard disk. Kemampuan menyimpan datanya pun menjadi sensasional hingga kisaran giga bahkan sampai terabite. Berterima kasihlah kepada Alan Shugart, berkat penemuannya, memindahkan data atau file dari perangkat ke perangkat lain menjadi lebih mudah.

Loading...