Brilio.net - Sebuah soal matematika untuk seleksi masuk perguruan tinggi baru-baru ini menggegerkan publik Skotlandia. Soal rumit tentang buaya yang memata-matai mangsanya itu dianggap terlalu sulit untuk dipecahkan.

Dalam soal tersebut, dikisahkan seekor buaya sedang mematai-matai seekor zebra dari jarak 20 meter. Pertanyaannya adalah menghitung waktu yang dibutuhkan untuk mencapai target. Tidak hanya itu, siswa juga diminta untuk menemukan nilai X. Berikut soalnya.

Soal matematika ini diprotes ribuan orang karena sulit dipecahkan

Menurut laporan Scottish Qualifications Authority (SQA), selain soal tentang buaya tersebut, secara keseluruhan soal-soal dalam ujian tersebut memang terbilang cukup sulit. Tak heran, jika angka kelulusan dari tes itu hanya mencapai 34%.

Soal ujian yang dinilai sangat sulit itu membuat netizen di Skotlandia ramai-ramai mengajukan petisi online. Tercatat lebih dari 14.000 orang menandatangi petisi tersebut.

Menanggapi petisi itu, SQA selaku pihak penanggung jawab memberikan klarifikasi. "Kami menyadari masa ujian memang terasa menegangkan bagi para siswa dan orangtua. Kami juga paham ada berbagai pihak yang menandatangani petisi terkait soal tersebut," terang juru bicara SQA yang dikutip brilio.net dari daily mail, Senin (12/10).

Salah seorang netizen, Emma memberikan komentarnya mengenai soal itu. "Aku baru saja menerima pesan dari guru matematika saya yang bergelar master. Dia bilang soal ujian itu konyol," kicau Emma melalui akun Twitternya.

Kalau menurutmu, apakah soal tersebut terlalu sulit?