Brilio.net - Tidak pernah ada sedikit pun rasa malu terbersit di benak Siti Kholifah (51) mengingat kesehariannya dalam mencari nafkah lain daripada wanita lainnya.

Ya, sehari-hari Siti bekerja sebagai tukang tambal ban. Tidak tanggung-tanggung, ban yang ditambal bukan hanya ban motor saja tetapi dia pun sudah sangat ahli menambal ban truk!

Setiap hari Siti membuka kios tambal bannya yang terletak di Jalan Magelang, Yogyakarta sejak pukul 07.00 WIB hingga malam hari. Pekerjaan ini memang bukan hal baru baginya, karena sudah sejak tahun 2003 dia membantu suaminya Supriyanto menjalani pekerjaan ini.

Baginya kotor dan bermandi oli bukanlah suatu masalah, yang penting pekerjaan tersebut halal dan dapat membantu keuangan keluarganya. "Saya nggak malu, kenapa harus malu yang penting bisa nyekolahkan anak saya," ujar Siti kepada brilio.net, Rabu (5/8).

Dengan cekatan tangannya membersihkan debu dan pasir yang menempel pada ban truk yang berhenti di kiosnya kemudian menyemprotnya rodanya dengan kompresor. Tanpa lelah kemudian dia menghampiri sepeda motor yang telah mengantri untuk ditambal bannya. Tangannya tampak sudah sangat terampil untuk mengeluarkan ban dalam motor dan mengecek kebocorannya.

Loading...

"Kalau dulu setiap hari bisa dapat sampai Rp 200.000 per hari tapi sekarang mulai berkurang soalnya sudah jarang truk pasir yang lewat sini. Jadi sekarang tiap hari mungkin kurang lebih Rp 100.000," terang ibu satu anak ini.

Siti mengaku walaupun saat ini penghasilannya tidak sebesar dulu, dia tetap akan menekuni pekerjaan ini untuk seterusnya.