Brilio.net - Ulang tahun menjadi momen yang menyenangkan bagi yang merayakannya. Tak jarang momen menyenangkan tersebut dijadikan banyak teman sebaya untuk meminta ditraktir oleh orang yang ulang tahun. Sebenarnya mentraktir teman saat ulang tahun bukanlah masalah, namun bagi yang belum memiliki cukup uang, tentu tuntutan mentraktir teman menjadi hal tak mudah. Bahkan demi menuruti tradisi mentraktir teman, tak sedikit ada yang sampai meminjam uang pada orang lain.

Budaya traktiran ulang tahun ini sudah jamak di kalangan anak muda. Namun banyak pula yang tidak sependapat dengan hal tersebut. Pasalnya, hari ulang tahun justru menjadi hal membingungkan karena memikirkan uang yang harus disiapkan dan memilih siapa yang harus ditraktir. Sekali lagi jika memang perayaan tersebut merupakan kehendak sendiri, mentraktir teman bukanlah masalah, sayangnya banyak yang sebenarnya sedang ingin berhemat terpaksa mengurungkan niatnya karena tak enak hati dengan tagihan teman-teman sebaya yang ingin ditraktir.

Menanggapai fenomena tersebut, Jumat (15/2), salah seorang netter Mahdini Yunari mencurahkan unek-uneknya tentang kebiasaan tersebut.  Tak disangka, ternyata apa yang menjadi unek-uneknya itu diamnini banyak netizen. Hingga saat ini, sudah ribuan orang membagikan foto berisi tulisannya tersebut. Berikut nasihat sederhananya yang menohok itu:

Sindiran tak meminta traktir teman yang ultah ini menohok, makjleb!

Foto tersebut pun mendapat banyak komentar dari netizen. Banyak yang membenarkan bahwa memiliki kebiasaan minta ditraktir sebaiknya tidak dipertahankan."Setuju, budaya yang harus diubah, semakin dekat dan kenal harusnya bisa lebih menghargai dan membayar full atau lebih, bukannya gratis," ujar akun Arie Nugraha mengomentari foto tersebut.

Loading...

"Menyenangkan orang lain pasti lebih membahagiakan dan menjaga harga diri sendiri," kata akun Ritta Yusnita sembari membagikan foto tersebut.

Nah, kalau kamu sendiri bagaimana? Setuju dengan komentar tersebut?