Brilio.net - Pernah dong kamu mengalami bohlam lampu mati. Daripada beli baru, beberapa orang memilih beli bohlam lampu bekas yang ternyata lebih murah. Tapi kepikiran nggak sih gimana para "dokter" lampu itu memperbaiki bohlam yang sudah mati? Ternyata gampang lho, nggak seperti yang kamu kira.

Menurut salah satu tukang servis bohlam di kawasan Nologaten, Yogyakarta, Rohim (42), untuk bisa memperbaiki lampu bohlam yang sudah kita anggap mati itu gampang. "Itu kebanyakan cuma pingsan, belum mati. Kalau mau reparasi sendiri mudah, syaratnya ya harus tahu komponen-komponen di dalamnnya," ujar pria asal Cirebon itu kepada brilio.net, Selasa (19/5).

Rohman menjelaskan, mesin bohlam sama dengan kebanyakan perangkat elektronik yang terdapat beberapa komponen seperti elko, sekring, dan starter. "Pada intinya sama seperti tape, VCD player dan sebagainya itu. Kalau di bohlam yang paling sering rusak itu elko, sekring, dan starternya. Kalau sudah tahu tentang komponen elektronik bisa diganti, beli di toko-toko elektronik banyak," terangnya panjang lebar.

Pria lulusan SMK itu mengatakan, rata-rata kerusakan mesin bohlam itu karena arus listrik yang tidak stabil. "Ya kalau rusaknya bisa karena usia, bisa juga karena arusnya nggak stabil. Kalau sudah kena elko dan starternya ya bisa saja bohlamnya nggak mau nyala, tapi bukan berarti mati," tegasnya.

Nah yang pengin bisa mereparasi sendiri, ada tips dari Rohim. "ya ikut saja pelatihan-pelatihan terutama yang pengenalan komponen dalam elektronik. Mudah kok," tutupnya.

Loading...