Brilio.net - Silsilah keluarga hingga saat ini masih menjadi hal yang begitu diperhatikan oleh sebagian besar orang. Tak jarang banyak orang yang menjadikan silsilah keluarga sebagai pertimbangan utama dalam memilih jodoh. Selain berlaku bagi manusia, ternyata silsilah juga berlaku di dunia perkucingan. Lewat selembar sertifikat, seekor kucing bisa diketahui silsilahnya secara detail. Wow!

Dalam dunia cat fancy, kucing dibedakan menjadi kucing pedigree dan non pedigree. Kucing yang memiliki serifikat silsilah keturunan disebut kucing pedigree, sedangkan kucing yang tak mempunyai sertifikat silsilah keturunan disebut non pedigree.

Rio Boaz Wibowo (33), breeder pemilik Sweet Robo Cattery mengungkapkan jika sertifikat bisa menunjukkan silsilah kucing itu sendiri. Sertifikat bisa menunjukkan warna bulu, mata, hingga telapak kaki. Dalam surat tersebut juga disebutkan nama cattery pengembang maupun gelar penghargaan yang pernah diraih jika ada. Selain itu, sertifikat juga bisa mencegah perkawinan kucing yang sedarah.

"Tidak mungkin kakak beradik kawin atau ibu dengan anak kawin, nantinya akan cacat genetik," cerita Rio kepada brilio.net, Sabtu (19/9).

Sertifikat ibarat menjadi akta kelahiran kucing yang diajukan oleh cattery atau peternak kucing yang telah terdaftar kepada organisasi penyayang dan pembiak kucing baik tingkat nasional maupun internasional.

Loading...

Rio sendiri lebih menyarankan penggemar kucing memelihara kucing bersertifikat karena telah dipastikan silsilah kucing itu. Biasanya kucing bersertifikat juga dilengkapi dengan microchip yang ditanam di tubuh kucing. Dengan adanya chip itu, kepalsuan identitas bisa diminimalisir.

"Semisal ada kucing yang hilang dan ada orang yang mengaku memiliki kucing itu, maka tinggal disinkronkan antara chip dan serfitikat," terang ayah satu anak ini.

Sebaliknya, kucing yang tak bersertifikat tak bisa dideteksi identitasnya. Bisa jadi kucing yang tak bersertifikat sekilas bagus tapi saat dikawinkan anak yang dihasilkan bisa berubah. Hal itu karena kucing tersebut bisa jadi sudah pernah pernah kawin dengan kucing yang beda ras.

Ada atau tidaknya sertifikat akan berdampak pada harga kucing tersebut. Harga kucing yang tak bersertifikat bisa jadi hanya separuh dari kucing yang bersertifikat.

Rio mengungkapkan jika selain kucing, anjing dan arwana juga menerapkan hal yang sama. Tetapi sertifikat arwana hanya menunjukkan bukti kepemilikan saja, bukan bukti silsilah.