Brilio.net - Kalau kamu naik kendaraan bermotor dari arah Bandung atau Jakarta menuju Yogyakarta, di daerah Wates, Kulon Progo pasti melewati simpang lima yang di tengahnya terdapat patung wanita menunggang kuda lengkap dengan tombaknya. Siapa gerangan tokoh tersebut?

Menurut informasi yang brilio.net dapatkan dari situs resmi Kabupaten Kulon Progo, kulonprogokab.go.id, Selasa (7/7), patung yang ada di simpang lima itu adalah Nyi Ageng Serang. Nyi Ageng Serang adalah pahlawan nasional Indonesia. Ia lahir di Serang, Purwodadi, Jawa Tengah pada 1752 dan memiliki nama asli Raden Ajeng Kustiyah Wulaningsih Retno Edi. Nyi Ageng Serang juga merupakan salah satu dari keturunan Sunan Kali Jaga

Siapa sih patung yang ada di simpang 5 Wates, Kulon Progo?

Moyang dari Ki Hajar Dewantara itu punya jasa yang besar terhadap negara karena perjuangannya mengusir penjajah dan membantu mengentaskan derita rakyat. Meninggal di Kulon Progo pada 1828, Nyi Ageng Serang kemudian di makamkan di Kalibawang, Kulon Progo.

Untuk menghormati jasa-jasanya, Pemkab Kulon Progo kemudian membuat patungnya dan diletakkan di simpang lima itu.

Loading...

Bahkan dalam waktu dekat, menurut Kepala Bidang Wisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Kulon Progo, Totok Suroto, patung Nyi Ageng Serang itu akan menjadi titik 0 KM Kabupaten Kulon Progo.