Brilio.net - Koteka, kamu tahu dengan salah pakaian khas dari Papua ini? Berbicara soal koteka, saat ini salah satu warisan budaya leluhur yang berasal dari timur Indonesia ini memang mulai jarang dijumpai. Koteka merupakan pakaian yang digunakan untuk menutup kemaluan bagi laki-laki untuk penduduk asli Papua.

Koteka asli milik Suku Dani yang bermukim di Lembah Baliem Wamena, Kabupaten Jayawijaya ternyata terbuat dari kulit buah labu-labuan. Tidak percaya? Namun, begitulah kenyataanya.

Dari Suku Dani, mereka membuat koteka dari kulit buah labu-labuan (Lagenaria Sicecaria) yang memiliki bentuk panjang serta kulit yang keras. Jenis labu yang digunakan adalah labu air. Untuk masyarakat Mee, labu air sendiri disebut Bobbe.

Seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, koteka dibuat sendiri oleh masyarakat Suku Dani. Bobbe yang sudah tua dipetik kemudian disimpan di dalam pasir halus. Dari pasir halus itu dibuat api yang besar. Setelah cukup lama di atas api, maka kulit Bobbe akan lembek.

Dengan kulit yang lembek, isinya akan keluar dari kulit Bobbe. Setelah itu kulit Bobbe akan dikeringkan hingga siap pakai. Kemampuan masyarakat Suku Dani memang tidak terelakkan lagi dalam memanfaatkan bahan dari alam sebagai pakaian.

Dan ternyata, ukuran koteka itu tergantung dari aktivitas penggunanya. Koteka yang ukurannya pendek digunakan saat akan bekerja dan yang panjang digunakan kegiatan upacara adat yang biasanya juga dilengkapi dengan hiasan-hiasan. Bentuk dari koteka sendiri pun memiliki bentuk yang berbeda untuk setiap sukunya.

Nah, bagaimana? Ragam budaya Indonesia memang mengagumkan ya? Bangga dong jadi orang Indonesia.