Brilio.net - Naik sepeda itu enak. Selain sehat juga mengurangi polusi. Tapi, yang membuat kesal adalah saat sepeda kesayangan dengan mudahnya berpindah tangan alias dicuri.

Kamu satu dari sekian orang yang pernah kehilangan sepeda? Sekarang kamu tidak perlu khawatir. Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) telah menemukan sepeda dengan pengaman smart card pertama di dunia.

Adalah Fahmi Yhuka Syifaudin, Kristiawan Devianto, Faisal Fajri, Sri Susanti dan Fatimah Tri W. Kelimanya berhasil menciptakan sebuah sepeda dengan pengaman smart card. Karya mereka diberi nama Si Asep ( Sistem Keamanan Sepeda with Smart card) smart card? Apa itu?

Smartcard adalah alat yang digunakan untuk mengunci sepeda. Saat ini mengunci sepeda masih dengan manual menggunakan gembok. Nah, untuk Si Asep dudukan sepeda dapat dikunci dengan menggunakan smartcard. Smart card yang dimaksud adalah kartu yang memiliki RFID seperti KTM atau E-KTP.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

"Munculnya ide ini didasari sering melihat pengendara sepeda di UGM yang relatif sedikit karena keamanan sepeda yang kurang, gampang dibobol, di tempat umum juga jarang parkir yang aman," jelas Fahmi kepada brilio.net.

Dari keprihatinan Fahmi dan kawan-kawan perihal kurangnya pengguna sepeda dikarenakan kurangnya tingkat keamanan menjadi dasar terwujudnya ide cemerlang seperti Si Asep. Mahasiswa UGM ini juga berhasil menambah fungsi dari KTM atau E-KTP yang tidak sekadar tanda pengenal saja.