Brilio.net - Masyrakat belakangan sedang ramai membicarakan salah seorang warga Banyuwangi bernama Tuhan. Pria kelahiran 1973 ini banyak dibicarakan karena berbagai media, hingga mengundang perhatian Majelis Ulama Indonesia (MUI). Di tengah riuhnya nama 'Tuhan' tersebut, di facebook kembali beredar nama unik yaitu "Indo Allah".

Nama ini beredar salah seorang netizen memfoto namanya yang tertera di sebuah kertas bukti pembayaran surat kredit. Pengunggah mengatakan bahwa 'Indo Allah' merupakan warga di Desa Siwa, Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. "Dia berusia 50 an tahun bernama INDO ALLAH (nama bugis) yang kalau di bahasa indonesiakan berarti Ibunya Allah," tutur pengunggah.

Ardinata, salah seorang warga Bugis di Makasar, mengatakan bahawa kata Indo, merupakan nama yang diberikan kepada keturunan Raja. "Kalangan Bugis memang biasa menggunakan nama untuk keluarga berdasarkan nama gelar kebangsawanan, marga ataupun bahasa daerah," tutur Nata, kepada brilio.net, (26/8)

Sebagaimana diketahui bahwa setiap suku pasti mempunyai ciri khas yang unik dalam namanya tetapi kebanyakan nama tersebut berdasarkan nama gelar kebangsawanan, marga ataupun bahasa daerah masing-masing. Begitu juga dengan nama 'Indo Allah' di mana kata Indo memiliki arti Ibu.