Brilio.net - Saat kamu mengunjungi Jogja, cobalah kamu mampir ke Kedai Wedangan Kampung Edukasi Watu Lumbung di Bukit Parangtritis. Jauh dari ingar bingar kota, kamu bisa menikmati pemandangan menawan dari atas bukit Parangtritis.  Di tempat tersebut, kamu bisa menikmati pemandangan sunset dan sunrise yang indah.

Jangan bayangkan Kedai Wedangan ini mempunyai tampilan klasik ala kota karena tempat ini memang didesain sederhana. Tempat sederhana ini memanfaatkan kayu dan bambu sebagai bahan bangunannya. Dinding yang terbuat dari anyaman bambu dan meja yang disangga oleh tumpukan kayu menambah keunikan tempat ini.

Jika kamu membawa 3 buah buku layak baca ke sini, maka kamu akan mendapatkan suguhan gratis berupa kopi, pisang keju bakar, dan tahu cocol. Bagi pecinta kopi, tempat ini sangat cocok karena menyediakan kopi dari berbagai daerah seperti kopi Muara Enim, kopi Papua, hingga kopi Toraja.

Selain wisata, kamu juga bisa beramal dengan 3 buku di tempat ini


Randi, salah satu pengelola tempat ini mengungkapkan jika saat ini Kampung Edukasi sedang membangun perpustakaan untuk anak-anak setempat. Makanya, buku yang dibawa pengunjung akan sangat dihargai dan memberikan banyak manfaat bagi warga Kretek Bantul ini.

Tak hanya tawaran penukaran buku dengan suguhan, Kampung Edukasi Watu Lumbung juga menawarkan diskon jika kamu mau menanam pohon di tempat itu. "Pengunjung yang menanam pohon atau sayuran di polybag yang telah disediakan akan mendapatkan bonus Rp 2.500 tiap polybagnya," terang Randi kepada brilio.net, Rabu (16/9).

Selain wisata, kamu juga bisa beramal dengan 3 buku di tempat ini

Selain tawaran unik itu, Kampung Edukasi Watu Lumbung juga telah menyiapkan paket hidangan ala tradisional. Mulai dari makanan gethuk, tempe, pisang bakar, ubi, hingga minuman wedang serai dan wedang jahe tersedia di sini. Setiap Jumat sore juga ada penampilah musik jazz akustik dari mahasiswa Universitas negeri Yogyakarta (UNY) di tempat ini.

Bagaimana, tertarik mencoba ngopi di tempat ini? Jangan lupa bawa buku terbaikmu untuk ditukan dengan makanan di sini.