Brilio.net - Pernahkah bibirmu kering dan pecah-pecah sehingga berakhir mengoleskan lip balm atau pelembap bibir? Bibir kering disebabkan kelembapan bibir rendah, juga rendahnya minyak alami di bibir.

Nah, tapi kalau sering terjadi dan akhirnya kamu sering menggunakan lip balm, sehatkah? Jangan-jangan kamu justru nggak bisa lepas dari lip balm kalau sudah keseringan memakainya. Bisakah kamu kecanduan lip balm?

Sebagaimana dikutip brilio.net dari Women's Health, Kamis (12/11), banyak lip balm mengandung alergen yang dapat mengiritasi kulit dan berkontribusi terhadap kekeringan. Hal ini disebabkan dari komponen pembentuknya seperti rasa mint, pewarna yang digunakan, pengawetnya seperti benzyl alcohol, lanolin, dan propylene glycol.

Produk yang mengandung bahan-bahan tersebut hanya sementara dalam mendinginkan kulit bibir dan melumasnya. "Bahan-bahan itu sendiri adalah penyebab untuk membuat awet bibir kering sehingga proses (bibir kering) berkelanjutan," kata  Vermen Verallo-Rowel, seorang dermatologist berbasis di Manila, Filipina.

Jadi, dengan kata lain, lip balm bikin kamu ketergantungan. Maka dari itu, kamu juga perlu tahu bahwa ada produk kecantikan yang sebenarnya nggak perlu kamu terapkan pada diri sendiri. Kamu bisa baca di sini.

Loading...