Brilio.net - Sudah jamak diakui orang kalau kebanyakan generasi muda sekarang mulai melupakan kebudayaan daerahnya, termasuk budaya Jawa. Para remaja sekarang malah lebih senang kalau mengikuti tren budaya luar.

Tapi jika kamu yang ingin kembali mempelajari budaya Jawa, sangat terbuka kesempatan. Salah satunya kamu bisa datang ke Tembi Rumah Budaya di Jalan Parangtritis KM 8,4 Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di sana terdapat museum yang menyimpan aneka hal berkenaan dengan tradisi dan budaya Jawa. Di antara yang tersimpan adalah mainan tradisional Jawa yang sudah jarang dimainkan anak-anak sekarang, misalnya egrang, gasing, dakon, dan lainnya. Ada juga foto dan penjelasan mengenai upacara tradisional Jawa, keris, maupun wayang kulit.

Totok Barata, Kepala Urusan Budaya di Tembi Rumah Budaya menerangkan, Tembi Rumah Budaya bisa dijadikan tujuan sekolah-sekolah untuk mengajarkan kebudayaan Jawa kepada para siswanya. Di sini siswa bisa dikenalkan tentang berbagai kebudayaan Jawa seperti membatik, belajar gamelan, melukis topeng dan mengenal berbagai benda budaya lainnya, terang Totok, Kamis (16/4).

Jika masih kurang puas dengan belajar mandiri di sana, kamu bisa mengikuti program khusus. Ada beberapa kursus yang ditawarkan di Tembi, antara lain tembang macapat, pembawa acara bahasa Jawa, menulis huruf Jawa, menari Jawa, dan masih banyak lagi lainnya. Totok Barata mengatakan bahwa program kursus diadakan selama 3 bulan dengan 2 kali pertemuan tiap minggunya. Total ada sekitar 24 kali pertemuan. Biaya yang dikeluarkan juga murah kok, paparnya.

Tembi Rumah Budaya ini juga dilengkapi dengan galeri untuk pameran lukisan, ruang pertunjukan, kolam renang dan juga penginapan. Penginapan yang ditawarkan pun sangat kental dengan kesan tradisional karena menggunakan bangunan rumah Jogjo khas Jawa . Tempat ini biasa digunakan untuk acara budaya dan seni seperti pertunjukan dan pameran.