Brilio.net - Siapa yang tidak mengenal Jenderal Sudirman, panglima besar Tentara Nasional Indonesia (TNI) pertama. Sosok pahlawan yang berasal dari Purbalingga ini memang dikenal sangat sederhana dalam bersikap sehari-harinya. Bicara mengenai prestasi Jenderal Sudirman pastinya semua orang sudah paham betul, Tapi bagaimana bila kita berbicara tentang hal lain di luar itu?

Tahukah kamu sang jenderal rupanya menggunakan alat minum yang sederhana ketika singgah di sela-sela perang gerilya.  Alat minum sang panglima hanya berupa dua buah cangkir keramik bermotif bunga sederhana. Dua cangkir tersebut dilengkapi dengan satu teko beserta tatakannya. Sederhana ya, tempat minum Sudirman.

Dalam deskripsi yang tertera pada peralatan minum tersebut dituliskan ketika itu Jenderal Sudirman singgah di daerah Gunung Kidul. Tepanya pada tanggal 8 Juli 1949 di rumah Bajuri Kreja.

Untuk menjamu sang jenderal, Ibu Bajuri meminjam perlengkapan milik orang tua Imam Supardi yang rumahnya berdekatan. Dan alat minum itulah yang kemudian digunakan oleh sang jenderal.

Seperangkat alat minum Sudirman itu dipamerkan pada pameran yang bertajuk "Perjuangan Mempertahankan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945". Pameran itu berlangsung sampai 4 September 2015 di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Tak hanya barang-barang Sudirman, barang peninggalan tokoh nasional seperti Presiden Soekarno dan Bung Hatta juga turut dipamerkan.

Loading...