Brilio.net - Biasanya kita sering menggunakan air panas untuk mencuci piring dan gelas. Tapi benarkah bahwa air panas bisa membersihkan perabot dapur? Jika memang benar demikian, harus berapa panas? Berikut adalah penjelasan terkait dengan fenomena tersebut dikutip oleh brilio.net dari New York Times, Kamis (11/6).

Suhu yang disarankan untuk menghilangkan kuman pada piring adalah 44 derajat celcius. Akan tetapi pendapat agak dipersoalkan karena panasnya air malah membuat tangan kepanasan. Di sisi lain, suhu tersebut juga belum tentu bisa menghilangkan semua kuman dan bakteri. Terus bagaimana?

Sebagai alternatifnya, sebuah tulisan dari Journal of Food Engineering menyarankan untuk menggunakan air dengan suhu 24 derajat celcius. Hal ini tidak terlalu panas bagi tangan kita. Akan tetapi ada tiga tahapan pencucian yang harus dilakukan dengan suhu ini. Ketiga tahapan tersebut adalah pencucian, pembilasan, dan sanitasi.

Suhu yang disarankan di atas mampu menghilangkan bakteri Escherichia coli dan Listeria innocua. Asal ketiga tahapan pencucian dilakukan dengan benar. Meskipun begitu, gelas atau mangkuk bekas cairan susu tidak bisa dilakukan dengan perlakuan tersebut.

HOT NEWS:

Siapa sebenarnya ibu dan bapak dari Masha? Ini penjelasannya

Kisah tragis episode terakhir Tom dan Jerry

Siapa gerangan wanita penenun di uang kertas Rp 5.000?

Abdul Jhalil & Khotijah, 'pengantin' yang dinikahkan lalu digiling

Seberapa cerdas kamu? Tak perlu tes IQ, cukup lihat bentuk tanganmu

5 Alat makeup ini haram hukumnya kamu pinjamkan ke teman

Hindari menyentuh 5 bagian tubuh ini dengan tangan

Kemiripan pemimpin hokage dalam film Naruto dengan presiden di Indonesia