Brilio.net - Selama ini kaum porokok memang didominasi kalangan cowok. Namun, para cewek ternyata juga banyak yang merokok. Dengan berbagai alasan mereka menentang dampak buruk merokok bagi kesehatan.

Namun, ada sebab yang tak terduga dari cewek mengapa gemar merokok. Berikut brilio.net himpun sebab-sebab tersebut, Selasa (23/12):

1. Agar sang pacar berhenti merokok

Setelah capek dengan segala macam usaha untuk meyakinkan agar pasangan mau berhenti merokok, ada cewek yang menempuh jalan ekstrem. Cewek ini memilih merokok di depan cowoknya dan menunggu respon negatifnya. Harapannya si pasangan akan melarang dan mau berkompromi untuk berhenti merokok.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

"Biar dia sedih liat aku ketularan merokok dan mau berhenti," kata mahasiswa di salah satu perguruan tinggi, Dahlia Caling (21).

2. Penasaran dengan rasa rokok

Adinda Beki (20), warga Yogyakarta ini memiliki cara berfikir lain. Ia malah penasaran kenapa cowoknya tidak bisa berhenti merokok padahal sudah diperingatkan dengan segala usaha. Kemudian, dia nekad mencoba merokok untuk mengetahui rasa dari tembakau yang dibakar tersebut.

"Awalnya cuma penasaran seperti apa sih enaknya merokok, sampai cowokku nggak bisa berhenti?" ujar dia.

3. Membantu petani tembakau

Ada juga yang berpikiran memilih merokok untuk membantu perekonomian petani tembakau. Alasan ini dilatarbelakangi semangat anak muda untuk menjaga agar rokok kretek khas Indonesia tidak punah.

4. Daripada jadi perokok pasif

Sumpek menjadi korban embusan asap dari para perokok, bisa menjadi alasan untuk ikut merokok. Sebab, menurut beberapa penelitian menjadi perokok pasif lebih berbahaya daripada perokok aktif. Betul nggak sih?

5. Galau berat

Dalam hidup, sedih dan senang datang dan pergi silih berganti. Ketika kesedihan melanda, hati terasa galau. Apalagi kalau kesedihan yang dirasakan teramat mendalam, maka terkadang bisa menyebabkan stress.

Mahasiswa salah satu kampus swasta Nanda Aini (21), mengaku memilih merokok untuk menenangkan kejiwaannya. Ia percaya jika rokok bisa membantu menenangkan jiwa. Namun alangkah baiknya untuk menelaah lebih jauh segi positif dan negatifnya merokok ya...

6. Terpengaruh lingkungan

Akibat salah pergaulan, cewek bisa terpengaruh untuk merokok. Hal ii biasanya akibat perasaan sungkan. Semua teman merokok saat nongkrong membuatmu mau nggak mau ikut merokok.

7. Fokus mengerjakan tugas

Mereka yang membutuhkan tingkat fokus yang tinggi memilih rokok sebagai alat bantunya. Merokok diyakini sebagian orang memperlancar ide-ide cerdas mengalir dengan deras.

Bagi kamu yang belum terlanjur sebaiknya dipikir lagi mau merokok atau enggak. Sebab, jika sudah kecanduan sulit lho untuk berhenti. Lebih baik uang untuk membeli rokok ditabung untuk hal yang lebih penting dan mendesak, iya nggak?

(brl/fen)