Brilio.net - Lazimnya sebuah pokon akan menghasilkan buah yang sesuai dengan jenis pohonnya. Pastinya hanya ada satu buah yang bisa muncul dari pohon tersebut. Tapi di New York, ada pohon yang bisa menghasilkan 40 buah yang berbeda. Lho kok bisa?

Seperti dikutip brilio.net dari iflscience.com, Selasa (28/7), seorang seniman sekaligus dosen di Syracuse University, Sam Van Aken, dengan hati-hati telah membuat sebuah pohon dapat meneghasilkan 40 jenis buah baru menggunakan metode okulasi chip. Di antara buah tersebut adalah buah persik dan almond.

Proses melakukan okulasi 40 buah menjadi satu itu tentu membutuhkan kesabaran karena harus dilakukan selama beberapa tahun. Van Aken menggabungkan cabang berbagai varietas ke pohon induk.

Saat musim semi, pohon 40 buah ini menghasilkan bunga berwarna pink dan ungu. Sedangkan saat musim panas, pohon mulai menghasilkan buah dari 40 jenis tersebut.

Van Aken sengaja menanam pohon tersebut di lokasi yang bisa membuat orang terpana. "Dan setelah mereka melihat pohon tersebut, mereka akan mempertanyakan, mengapa daunnya berbeda? Mengapa warnanya juga berbeda?" terang Van Aken kepada National Geographic.

Loading...

Van Aken mengungkapkan bahawa melihat pohon tersebut, otomatis juga sudah melihat puluhan pohon yang ditanam di Amerika Serikat. Wah...menarik ya?

Biar lebih jelas, tonton video ulasan National Geographic ini!