Brilio.net - Bulan lahir bisa menjadi hal yang penting jika bicara persoalan kesehatan. Sebuah studi baru telah dilakukan untuk meneliti hubungan antara bulan lahir dan 55 penyakit, dikutip brilio.net dari Time, Selasa (9/6). Ahli asal Columbia University menggunakan alogartima untuk menyelidik hubungan fenomena tersebut.

Temuan riset yang juga diterbitkan dalam Journal of American Medical Informatics Association ini menyebutkan bahwa orang yang terlahir di bulan Mei merupakan orang yang paling sehat. Orang-orang yang lahir dalam bulan tersebut memiliki risiko rendah terkena serangan jantung, ADHD, dan asma. Sedangkan orang yang gampang terkena tiga penyakit lahir pada bulan Oktober.

Studi yang digawangi oleh Nicholas Tatonetti tersebut melibatkan lebih dari 1.600 penyakit dari 1,7 juta pasien. Semua koresponden berasal dari New York yang telah diobservasi dari tahun 1985 hingga 2013. Dari 55 kasus penyakit, 36 penyakit ternyata ada hubungannya dengan bulan lahir.

Dari data tersebut juga menyebutkan orang yang lahir di bulan November dan Juli rentan dengan penyakit asma. Sedangkan orang yang lahir di bulan November sangat berisiko dengan ADHD. Meskipun begitu, Nicholas menegaskan bahwa hubungan antara bulan lahir dan penyakit ini masih studi minor. Kesehatan seseorang bisa ditentukan variabel lain seperti pola makan dan olahraga.

BACA JUGA:

Yuk hidup sehat, mulai batasi konsumsi garam biar nggak hipertensi

Ladies, kurang vitamin D ternyata bisa bikin kamu mudah depresi lho

Olahraga 15 menit bisa bikin kamu hidup 3 tahun lebih lama

Keluarga kamu ada yang darah tinggi? Coba suruh makan buah bit