Brilio.net - Pesona sungai Amazon yang membentang di Amerika Selatan memang menarik bagi siapapun khususnya para patualang. Walaupun begitu tidak semua orang Indonesia bisa ke sana, selain lokasinya yang jauh tentu butuh banyak biaya untuk berpetualang di sana.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, tidak usah jauh-jauh ke Amerika Selatan. Kamu cukup mengunjungi Jogja dan menuju Kabupaten Gunungkidul untuk mencoba bermain kayak atau kano di Sungai Oyo, Amazon versi Jogja. Untuk menuju ke sana pun tidak sulit. Dari arah kota Jogja, kamu tinggal menuju Jalan Wonosari hingga menemui Rest Area Hutan Bunder. Dari sana, kamu tinggal memarkir kendaraanmu dan pemandu sudah siap menunggumu.

Rasakan serunya bermain kano di Amazon versi Jogja

Rasakan serunya bermain kano di Amazon versi Jogja

"Wisata ini belum lama buka, baru setelah Lebaran 2015 yang lalu. Kami melihat potensi di Sungai Oyo daerah Playen ini bisa dimanfaatkan untuk wisata," ujar Deni salah satu pengelola De_Oyo kepada brilio.net beberapa waktu yang lalu.

Loading...

Di sana sudah disediakan jaket pelampung dan beberapa kayak dan perahu yang bisa kamu pilih. Kalau kamu datang berdua maka bisa menggunakan kayak sedangkan kalau datang rombongan bisa memanfaatkan perahu yang telah tersedia dari berbagai kapasitas. Pemandu pun siap menemani kamu, jadi tidak usah khawatir.

"Kalau untuk kayak biasanya berdua saja sudah berani, tapi kalau yang memilih perahu biasanya kami dampingi karena perahu cukup berat jadi harus butuh pendayung yang kuat," ujar Deni lagi.

Rasakan serunya bermain kano di Amazon versi Jogja

Rasakan serunya bermain kano di Amazon versi Jogja

Selama satu jam kamu bisa asyik mendayung sambil menikmati hijaunya alam Gunungkidul. Tidak hanya itu saja, kamu pun bisa menepikan kayak atau perahumu untuk kemudian terjun berenang di sungai. Tidak seperti di Amazon, di sungai Oyo kamu bisa berenang tanpa takut diterkam buaya atau dililit anaconda.

Tidak perlu khawatir dengan barang bawaanmu, karena pengelola telah menyediakan tas kedap air yang bisa kamu bawa saat bermain kayak. Jangan lupa bawa kamera waterproof untuk mengabadikan keceriaanmu bersama teman-teman atau orang terkasih.

Selamat berwisata dan jangan lupa selalu jaga lingkungan!