Brilio.net - Masih banyak orang yang menganggap tarot sebagai hal yang mistik atau berkaitan dengan supranatural. Seringkali orang mengaitkan tarot dengan meramal masa depan. Dan tidak sedikit orang yang menganggap tarot sebagai hal yang tidak ilmiah, hanya permainan, tidak bisa dipercaya dan cuma kebetulan saja.

Demi menarik pasar pop culture, dalam berbagai acara televisi biasanya sosok tarot reader divisualisasikan dengan tampang serem, mistis dan supranatural. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang mengira pembaca tarot sebagai seorang dukun atau semacamnya.

Terlepas dari kebetulan atau semacamnya, apakah memang tarot itu begitu akurat meramal sesuatu atau hanya sebuah permainan yang bisa saja hasilnya hanya karangan semata kembali ke kepercayaan tiap individu?.

"Pernah salah satu klien bilang kalau hasil tarotnya cocok, mereka (klien) yang mencocokkan sendiri hasilnya," tutur Krisna (50) tarot reader asal Jogja kepada brilio.net, Sabtu (9/5).

Tingkat akurasi tarot menurut Krisna, salah satu tarot reader yang juga anggota Komunitas Tarot Dewaroetji Yogyakarta tergantung kartunya. Semakin spesifik maka tingkat akurasinya semakin rendah. Semakin abstrak kartunya semakin susah dipelajari.

Loading...

"Tarot Reader murni menafsirkan simbol-simbol yang ada di kartu, pilihan bebas tergantung orang yang meminta atau klien untuk di tarot, boleh percaya atau tidak, diam atau take action dengan hasil tarotnya," ujarnya.