Brilio.net - Telur yang biasanya sebagai konsumsi masyarakat, banyak digunakan sebagai simbol dalam sebuah perayaan. Perayaan yang menggunakan telur sebagai simbol tentu memiliki arti dan makna tersendiri.

Yuk, kita simak rangkuman perayaan yang telah dirangkum oleh brilio.net.

1. Telur Paskah

Ragam perayaan ini selalu memakai telur sebagai ikon khas

Salah satu benda yang identik dengan perayaan wafatnya Yesus Kristus ini adalah telur. Telur merupakan simbol dari kelahiran dan kehidupan. Ini senada dengan perayaan Paskah yang bagi umat Kristen, menandakan kelahiran kembali Yesus Kristus.

Loading...

2. Upacara wijidadi (injak telur)

Ragam perayaan ini selalu memakai telur sebagai ikon khas

Wijidadi atau injak telur adalah sebuah upacara yang dilakukan dalam pernikahan adat Jawa sesudah atau sebelum dilaksanakannya akad nikah. Dalam hal ini sang pria yang menginjak telur yang kemudian dibersihkan oleh sang mempelai wanita.

Prosesi wijidadi ini dilakukan di bagian teras rumah atau di bagian pintu masuk yang dimulai dengan pengantin pria melepaskan sandalnya, kemudian menginjak telur ayam mentah dengan menggunakan telapak kaki kanan. Seletah pengantin pria menginjak telur, lalu giliran pengantin wanita membasuh serta mencuci kaki pengantin pria.

3. Telur maulid

Ragam perayaan ini selalu memakai telur sebagai ikon khas

Tradisi perayaan kelahiran Nabi Muhammad SAW di Banyuwangi dirayakan dengan telur hias atau biasa disebut tradisi endhog-endhogan (telur) yaitu menghias telur dengan berbagai macam bentuk dan hiasan, ditancapkan di batang pisang, kemudian diarak keliling kota/pawai.

Tak berbeda dengan Banyuwangi, di Sulawesi Selatan juga ada tradisi telur maulid. Jika di Banyuwangi dikenal dengan endgogan, di Sulsel dikenal dengan istilah Maudu Lompoa.

Makna Telur Maulid, Merunut setiap daerah memiliki tradisi telur Maulidnya. Maknanya berbeda dengan telur paskah karena Telur Maulid adalah telur terdiri atas tiga bagian yaitu kulit, putih telur, dan kuning telur. Kulit telur itu berarti iman, putih telur artinya islam, dan kuning telur artinya ikhsan.

4. Mooncake Festival

Ragam perayaan ini selalu memakai telur sebagai ikon khas

Mooncake adalah kue yang berbentuk buat dan tidak terlalu besar diameter lingkarannya, namun isi bagian dalamnya, serta bahan-bahannya sarat akan banyak makna dan arti. Apa hubungannya dengan telur?

Nah, biasanya mooncake (kue bulan)menggunakan isi telur bebek, kacang merah, biji lotus, kuning telur, kacang hitam. Dan bagian ini sebenarnya secara simbol terdapat di tengah yang jika dibagi-bagi semua bagian akan mendapat bahan ini.

Simbol dari telur bebek ataupun kuning telur di bagian tengah merupakan simbol keberuntungan yang didapat bagi semua anggota keluarga.