Brilio.net - Puluhan karya seni berupa patung menghiasi jalanan Kota Yogyakarta, tepatnya sepanjang Jalan Mangkubumi hingga kawasan Kleringan, Kotabaru mulai Jumat (30/10). Patung-patung ini merupakan karya seni dari 32 seniman yang ikut meramaikan sebuah pameran terbuka yang diadakan oleh Jogja Street Sculpture Project bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan DIY.

Pameran terbuka Jogja Street Sculpture Project (JSSP) 2015 ini merupakan yang pertama kali diadakan, dengan mengambil judul Antawacana. Pengertian Antawacana sendiri adalah dialog, yang diambil dari bahasa sansekerta. Tema ini seolah-olah mencerminkan ruang publik yang menjadi ruang pertemuan dari berbagai macam latar belakang seperti bahasa, budaya hingga bangsa.

Sejumlah karya seni seperti patung tokoh superhero Spiderman yang tengah duduk sambil makan nasi angkringan plus ceker bakar ini dipasang tepat di depan replika Tugu Golong Gilig. Karya ini merupakan buatan tangan dingin seniman Amboro Liring. Ada pula karya milik Teguh S Priyono yang berjudul No Parking yang terpasang di trotoar pembatas antara jalur kendaraan bermotor dengan jalur sepeda.

Satya Brahmantyo selaku manager operasional saat berbincang dengan brilio.net, Jumat (6/11), menyatakan melalui pameran terbuka ini, visi dari JSSP sendiri adalah untuk melakukan revitalisasi dan aktualisasi ruang publik sebagai ruang dialog yang mempertemukan beragam identitas budaya, sosial, suku, ras, secara kreatif dan dinamis melalui karya seni patung. Revitalisasi ruang publik dilakukan dengan menciptakan ruang dialog yang kreatif dan dinamis di ruang-ruang kota. Aktualisasi ruang publik dilakukan dengan menampilkan potensi ruang dalam konteks identitas sosial, budaya, dan sejarah lokal.

Bagi kamu yangi lagi liburan di Kota Gudeg dan penasaran dengan pameran terbuka ini bisa menuju ke sepanjang Jalan Mangkubumi sampai kawasan Kleringan Kotabaru. Pameran ini sendiri akan diadakan hingga 15 Desember 2015 mendatang. Kamu bisa ber-selfie dengan karya seni yang ada, tapi tetap jaga kondisi karya-karya seninya ya guys, jangan dirusak!

Loading...

Berikut beberapa patung yang dipajang:

1. Vespa antik merah nan menyala

Puluhan patung berserakan di jalanan Kota Yogya, ada apa ya?foto: jogja street sculpture project

2. Lho, kepala dan badan tukang sapunya dimana ya?

Puluhan patung berserakan di jalanan Kota Yogya, ada apa ya?

3. Pot bunga yang aneh

Puluhan patung berserakan di jalanan Kota Yogya, ada apa ya?

4. Spider Man kok makannya ceker ayam

Puluhan patung berserakan di jalanan Kota Yogya, ada apa ya?

5. Mobil sprot ini diapain ya guys...

Puluhan patung berserakan di jalanan Kota Yogya, ada apa ya?