Brilio.net - Maladewa memang terkenal dengan wisata pantainya yang begitu indah, salah satunya adalah Pulau Vakkaru. Pulau ini tak hanya menyajikan pemandangan indah, namun juga menjadi laboratorium ilmu pengetahuan yang sangat berharga.

Seperti dilansir brilio.net dari ScienceNews Rabu (3/6), gugusan pulau karang ini bukan hanya berasal dari pasir yang menumpuk hingga terangkat ke permukaan, penelitian terbaru menunjukkan bahwa pulau ini ternyata terbentuk dari kotoran ikan.

Di Maladewa sendiri setidaknya ada 1.200 gugusan pulau kecil. Para ahli mengatakan bahwa pulau-pulau tersebut terdiri atas sedimen terumbu karang. Ternyata sebagian besar sedimen berasal dari ikan, terutama kotoran ikan ketarap atau ikan kakak tua/parrotfish.

Untuk mengungkap fakta tersebut, sekelompok peneliti dari Universitas Exeter melakukan serangkaian penelitian. Dalam penelitian tersebut mereka menyelidiki dari mana pasokan sedimen tersebut berasal dan berapa banyak presentase sedimen yang terbentuk selama satu tahun.

Hasilnya mengejutkan, diketahui bahwa dalam jangka waktu satu tahun sekitar 685 ribu kilogram sedimen diproduksi di Pulau Vakkaru. Terungkap sekitar 10 persen sedimen berasal dari alga yang memiliki piring berkapur yang patah kemudian menjadi butiran kecil seperti pasir.

Sisanya 85 persen cukup mengagetkan! Sedimen itu berasal dari parrotfish atau ikan kakak tua. Ikan-ikan tersebut memakan alga karang dan mengeluarkan sedimen dari kotorannya. Disebutkan bahwa seekor ikan kakak tua ini paling tidak mampu menghasilkan 90 kilogram pasir dari kotorannya dalam jangka waktu satu tahun.