Brilio.net - Puasa, salah satu ibadah umat muslim yang berisi perintah menahan lapar dahaga serta beberapa hal lainnya sejak subuh hingga magrib, ternyata memberikan dampak baik langsung kepada tubuh.

Perintah-Nya ini boleh dibilang sebagai salah satu sarana menjaga kesehatan. Dari sisi medis, kekayaan manfaat ibadah puasa ini diungkapkan oleh salah seorang dokter dan pendidik di kampus Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Agus Taufiqurrahman Selasa (16/6).

Sebagaimana umumnya suatu alat, berbagai bagian tubuh butuh istirahat agar kembali 'baru' dan tidak justru mengalami kerusakan fungsi. Beberapa bagian tubuh seperti tangan, kaki, mata, dll dapat ditenangkan dalam keadaan tidur yang rutin kamu lakukan sehari-hari.

Namun, tidur belum cukup bagi lambung untuk dapat mengalami rehat, sebab makanan dicerna di dalam lambung butuh waktu selama 10 jam, barulah lambung benar-benar kosong.

Cara mengistirahatkan lambung adalah dengan menahan makanan dan minuman masuk tubuh dalam waktu lebih dari 10 jam. Puasa, yang membutuhkan waktu selama kurang lebih 13 jam, memenuhi kriteria itu. Jadi kurang lebih ada waktu 3 jam sebagai masa istirahatnya lambung jika kamu mengamalkan puasa.