Brilio.net - Khong Guan adalah merek biskuit yang sudah sangat familiar dan melegenda di keluarga Indonesia. Biskuit yang satu ini sering muncul saat lebaran tiba. Hebatnya, meskipun banyak biskuit lain bermunculan, tapi Khong Guan tetap begitu melekat di hati masyarakat.

Hal yang membuat gagal move on dari Khong Guan ialah desain kalengnya yang khas itu lho. Dalam kaleng itu, tampak seorang ibu dan dua orang anaknya di meja makan. Namun, tahukah anda siapa orang yang menggambar di kaleng tersebut?

Adalah Bernardus Prasodjo (69), orang yang melukis gambar keluarga sedang duduk di meja makan pada kaleng biskuit tersebut. Hal itu diungkap oleh putranya sendiri, Andreas Prasadja melalui status di Twitter-nya pada Bulan November 2013 tahun lalu. Saat itu Andreas mengunggah foto ayahnya sedang memegang kaleng biskuit Khong Guan dan wafer dan menyebar di forum-forum.

Pria ini ciptakan gambar keluarga di biskuit Khong Guan, legendaris!

Bernardus Prasodjo diketahui pernah berkiprah di majalah musik Aktuil dan mengisi rubrik komik strip. Ia menempuh pendidikan di Fakultas Seni Rupa di Institut Teknologi Bandung (ITB) meski tidak lulus karena mendapat banyak pesanan dari luar. Ia baru melukis kaleng biskuit Khong Guan ketika ia pindah ke Jakarta.

Loading...

Bernadus bekerja sebagai juru gambar di sebuah perusahaan sparasi warna di Jakarta. Di perusahaan tersebut ia mendapat order untuk mengerjakan ilustrasi kaleng biskuit Khong Guan yang pertama kali muncul tahun 1971. Pria berusia 69 tahun itu membeberkan bahwa ide gambar berasal dari perusahaan, bukan darinya.

Setelah sukses menggambar biskuit di Khong Guan, Bernadus kemudian dipercaya menggarap lukisan untuk waffer Nissin hingga kemasan produk Hero zaman dulu.

Wah, emang keren dan legendaris banget ya!