Brilio.net - Petir merupakan fenomena alam yang terjadi akibat loncatan atau pelepasan muatan listrik karena adanya beda potensial antara awan dan bumi. Indonesia adalah negara yang terletak pada daerah khatulistiwa, dengan iklim tropis dan kelembaban yang tinggi. Dengan kondisi iklim seperti ini mengakibatkan terjadinya guruh yang sangat tinggi dan mempunyai kepadatan sambaran petir yang besar jika dibandingkan dengan negara lain.

Indonesia termasuk salah satu di antara tiga "daerah petir" yang terbesar selain Afrika Tengah dan lembah sungai Arizona. Cukup mengejutkan kalau ternyata petir berarus listrik terbesar terdapat di Depok, Jawa Barat. Hal ini didasarkan pada temuan ahli petir sekaligus peneliti dari Laboratorium Arus Tinggi dan Tegangan Tinggi Jurusan Teknik Listrik Fakultas Teknik Industri ITB, Dr Ir Dip Ing Reynaldo Zoro.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2002 ini menggunakan teknologi lighting position and tracking system (LPATS). Untuk mengenali perilaku petir di wilayah kota di selatan Jakarta. Tak disangka, Zoro mendapat arus petir negatif berkekuatan 379,2 kA (kilo Ampere) dan petir positif mencapai 441,1 kA.

Menurut Zoro, dengan kekuatan arus sebesar itu, petir mampu meratakan bangunan gedung yang terbuat dari beton sekalipun. Padahal selama ini, penelitian Zoro dipusatkan di kawasan Tangkuban Perahu, Jawa Barat, dengan anggapan di daerah itu sambaran petir cukup besar. Tak disangka, penelitian mutakhir justru menemukan daerah Depok, khususnya selatan seperti Sawangan dan Cinere

Menurut Zoro, Depok merupakan daerah yang dipengaruhi angin regional dan angin lokal. Yakni angin dari lembah dan angin gunung dari Bukit Barisan, serta angin lokal dari angin darat dan angin laut Kepulauan Riau dan Selatan Malaka. Gerakan angin itulah yang menyebabkan pembentukan awan petir dengan kerapatan dan sambaran petir sangat tinggi.

Loading...

Kondisi meteorologis Indonesia memang sangat ideal bagi terciptanya petir. Tiga syarat pembentukan petir yaitu udara naik, kelembaban, dan partikel bebas atau aerosol sangat terpenuhi dengan baik di Indonesia sebagai negara maritim. Oleh karenanya, Indonesia termasuk negara yang memiliki kepadatan sambaran petir yang tinggi.

Meskipun Indonesia dengan jumlah sambaran petir yang tinggi sekalipun, masih memerlukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut untuk dapat memanfaatkan potensi setiap sambaran petir. Penelitian ke arah potensi petir dapat dilakukan pada daerah-daerah dengan kerapatan sambaran petir tinggi, dengan menggunakan banyak menara dan pemantauan petir secara real-time, sehingga potensi energi dari petir dapat direalisasikan dalam jangka panjang.

BACA JUGA:

Berkat meme lucu wajahnya, bocah ini kumpulkan uang untuk obati ayah

VIDEO: Kisah haru bocah hafalkan Al-Fatihah demi kirim doa ke ibunya

Hafit, bocah SD yang kayuh sampan 2 jam seberangi lautan ke sekolah

Bocah SD jualan gorengan demi menghidupi ibu dan kakak, salut!

Bocah ini sumbangkan 25 cm rambutnya kepada penderita kanker

Bocah usia 9 tahun ini membangun rumah untuk gelandangan