Brilio.net - Di zaman sekarang, bangunan menggunakan bambu sudah relatif sulit untuk dijumpai, sehingga terkesan unik. Lebih unik lagi jika bambu ini digunakan untuk tempat ibadah, di mana umumnya tempat ibadah dibangun sekokoh dan semegah mungkin agar awet dan memberi kenyamanan bagi warga yang beribadah.

Bangunan bambu sebagai tempat ibadah ini adalah Gereja Kristen Jawa Bambu. Kamu bisa menemukannya di kawasan Tegalrejo, Yogyakarta. Rumah ibadah umat Kristiani tersebut 90 persen bangunannya terbuat dari bambu. Ini merupakan gereja bambu pertama di Indonesia, bahkan di dunia.

Pertama di dunia, bangunan gereja gunakan batang bambu

Menurut penuturan Pendeta Agus Prasetyo (28), saat awal mula gereja ini dibangun pada tahun 1987, ada keterbatasan dana masyarakat setempat. Saat itu warga tidak sanggup untuk membeli batu bata dan bahan bangunan lainnya, sehingga mereka memanfaatkan bahan yang murah yaitu batang bambu petung.

Pembangunannya pun tidak menggunakan arsitek, namun warga setempat bergotong royong membangun gereja tersebut dengan bantuan perajin bambu. Gereja dengan bahan murah tersebut masih berdiri kokoh sampai sekarang.

Pertama di dunia, bangunan gereja gunakan batang bambu