Brilio.net - Kamu punya tubuh kurus dan susah gemuk? Jangan putus asa dulu. Ada baiknya kamu meniru kerja keras yang dilakukan Taufan Perdana Putra.

Pernah punya tubuh kurus kering, pemuda asal Blitar, Jawa Timur, ini sukses mengubah bentuk tubuhnya menjadi atletis dan kini diangkat menjadi duta wisata di kotanya.

Kisah mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (UGM) ini bermula di tahun 2011 ketika dia mendaftarkan diri di ajang pemilihan Kangmas Diajeng di Blitar.

Sayangnya, Taufan gagal melaju ke babak grand final. "Mungkin saat itu karena mental belum siap dan saya nggak punya postur tubuh yang ideal. Jadi kalah dengan teman-teman yang lain," ujarnya saat dihubungi brilio.net, Selasa (21/4).

Sempat mengalami trauma dengan kompetisi tersebut, Taufan mengurungkan niatnya untuk berpartisipasi kembali setahun berikutnya. Dia kemudian bekerja keras untuk memperbaiki postur tubuhnya. Dengan tinggi badan 172 cm, berat badan Taufan awalnya hanya 50 kg. Perbandingan tersebut tentu tidak ideal dan bisa dibilang sangat kurus.

Sadar bentuk tubuhnya kurang maksimal, Taufan mulai mengubah gaya hidupnya. "Tahun 2013, saya termotivasi untuk pola hidup sehat dan body building. Sekarang BB saya 65 kg," kata dia.

Pada tahun 2014, pemuda yang hobi bermusik itu merasa tertantang untuk mencoba kembali ikut serta dalam pemilihan Kangmas Diajeng. Kebetulan selama proses seleksi sampai grand final, Taufan sedang menjalani liburan kuliah.

Seleksi demi seleksi berhasil dia lewati. Meskipun di babak grand final dia tidak bisa meraih predikat Kangmas, pemuda berusia 21 tahun sukses menyabet gelar favorit dan dinobatkan sebagai duta wisata kabupaten Blitar.

"Saya sekarang juga aktif untuk kampanye tentang hidup sehat meskipun cangkupannya belum terlalu luas. Di event-event body building, biasanya saya diminta untuk jadi model VT mereka," ujarnya.